Lewat Permainan Ular Tangga, MAFINDO Kampanye Prebunking Ajak Warga Waspada Terhadap hoaks Jelang Pemilu 2024

Di Posting : 22 Oktober 2023
Penulis : Doddi Risky
Kategori :
Bagikan :

Foto : Prokota.com

MALANG|PROKOTA.COM — “MAFINDO Malang mengajak masyarakat agar lebih waspada terhadap hoaks menjelang Pemilu 2024,” kata Koordinator Wilayah MAFINDO Malang, AA Ayu Mirah Krisnawati.

Bahkan warga Malang antusias mengikuti kampanye Prebunking yang diselenggarakan Masyarakat Antifitnah Indonesia (MAFINDO) Wilayah Malang di Alun-Alun Merdeka, (Minggu, 22/10/ 2023).

MAFINDO menghadirkan keseruan dengan berbagai gim atau permainan antihoaks.

Ada permainan ular tangga, board games fandom, dan photo both. Peserta mendapatkan berbagai cenderamata menarik.

Pengunjung Alun-Alun Merdeka mengikuti beragam keseruan dan kegembiraan Kampanye Prebunking.

Kampanye Prebunking, katanya, bertujuan mencegah hoaks atau memberikan vaksin antihoaks. Pemilu, sering menjadi ajang penyebaran informasi hoaks yang dilakukan orang yang tidak bertanggung jawab.

Mereka menyebarkan melalui berbagai platform media sosial. Tujuannya untuk saling menjatuhkan dengan menyebarkan kampanye negatif dan kampanye hitam. Hoaks dapat menjadi salah satu ‘senjata’ untuk memenangkan pertarungan politik.

Prebunking, kata Mira, terbukti efektif mengatasi informasi yang salah dengan membangun kepercayaan di antara audiens. Yakni, melalui pendekatan berbasis logika.

Metode ini fokus pada taktik umum yang digunakan dalam penyebaran informasi yang salah. Sehingga paling baik yang diterapkan melalui studi kasus. MAFINDO memperkuat gerakan prebunking di berbagai wilayah termasuk Wilayah Malang.

Salah seorang peserta, Ryan, 17 tahun, mengaku permainan yang disajikan menarik dan menumbuhkan kepedulian terhadap hoaks dan hasutan. Ryan yang tercatat sebagai siswa SMK ini merupakan pemilih pemula yang telah tanggap terhadap hoaks.

“Orang tua mengajarkan saya sejak awal untuk menangkal hoaks,” kata Ryan optimis. (ekw/dr/mfd)

Di Posting : 22 Oktober 2023

Berita Serupa

Politik
Bisnis
Olah Raga