Wujud Peduli Lestarikan Budaya, Hotel THE 101 Malang OJ Ajak Siswa TK Taman Harapan Belajar Kesenian Topeng Malangan

MALANG PROKOTA.Com – Tak dipungkiri keberadaan Hotel THE 1O1 Malang OJ merupakan salah satu alternatif tempat menginap terbaik bagi siapapun yang berkunjung ke Kota Malang.

Selain fasilitas yang terbaik, Hotel yang berlokasi di Jl. Dr. Cipto No. 11 ini juga menyajikan pelayanan yang ramah.

Hal itu menjadikan Hotel THE 101 Malang OJ menjadi preferensi menginap yang nyaman bagi masyarakat.

Sadar akan hal itu, manajemen terus menggelar berbagai event menarik untuk mendekatkan dengan masyarakat.

Ini sengaja dilakukan untuk mendekatkan keberadaan perusahaan dengan masyarakat Kota Malang.

Untuk mempererat itu, pihak manajemen menggelar kegiatan yang dilakukan dengan anak-anak TK Taman Harapan Malang di Kampung Topeng (19/10/2019). Acara tersebut bertajuk “Fun Learn – Painting Mask”, Hotel THE 1O1 Malang OJ mengajak anak-anak TK Taman Harapan melangsungkan kegiatan melukis topeng.

Acara yang bertempat di Kampung
Topeng Tlogowaru, Kedungkandang, Kota Malang ini merupakan salah satu rangkaian acara “OctobArt 2019”.

OctobArt sendiri adalah rangkaian acara dari PHM Hospitality yang serentak diselenggarakan oleh semua properti di bawah naungan PHM Hospitality.

OctobArt memiliki beragam konsep dan tema yang menggabungkan antara seni, budaya,Kreatifitas, dan gaya hidup masing–masing hotel, yang saat ini berjumlah 13 properti dan berlokasi tersebar di seluruh Indonesia.

Hotel THE 1O1 Malang OJ, sebagai salah satu properti di bawah PHM Hospitality tak ketinggalan ambil bagian dalam OctobArt kali ini. Setelah hotel sukses meluncurkanSTMJ 101 Variants pada Sabtu tanggal 12 Oktober 2019 lalu, giliran “Fun Learn – Painting Mask” menjadi acara di pekan kedua dalam rangkaian acara OctobArt di 2019 ini.

Seperti yang kita ketahui, kesenian topeng sudah dikenal dan dimiliki oleh sebagian besar masyarakat di pelosok nusantara dalam kurun waktu yang lama. Kota Malang menjadi salah satu daerah tempat kesenian topeng berasal.

Kampung Topeng yang berdiri sejak dua tahun silam itu menjadi salah satu opsi masyarakat Malang dan sekitarnya dapat belajar dan mengenal lebih jauh kesenian Topeng khas Malang, atau yang biasa disebut dengan Topeng Malangan.

Tak mengherankan jika Hotel The 1O1 Malang OJ kemudian memanfaatkan
keberadaan salah satu kearifan lokal tersebut untuk mengusung acaranya kali ini.

ini diadakan dengan tujuan mengenalkan budaya asli daerah kepada anak-anak
sedini mungkin.

Kegiatan berlangsung selama kurang lebih dua jam dari pukul 08.00 WIB. Di awal
acara, Udin selaku pengelola Kampung Topeng memberikan pemaparan mengenai
Topeng Malangan sebagai salah satu bagian dari budaya leluhur yang harus
dilestarikan.

Ia juga memaparkan jika Topeng Malangan dibuat berbagai warna dan
memiliki beragam karakter yang jika ditotal berjumlah 74 macam. Warna dan
karakter-karakter tersebut dibuat berdasarkan peran tokoh yang dibawa, yakni protagonis, antagonis, atau jenaka.

Dengan konsep belajar menyenangkan, Hotel THE 1O1 Malang OJ mengajak puluhan
siswa-siswi TK Taman Harapan untuk belajar melukis topeng.

Masing-masing anak membawa satu topeng dan bebas untuk mengkreasikan lukisannya. Tentu saja, anak- anak tetap dibimbing oleh pemandu dari Kampung Topeng dan orang tuanya.

Acara disambut dengan sangat meriah oleh anak-anak TK yang hadir. Setelah acara
selesai, anak-anak pun bebas untuk melanjutkan kegiatannya. Banyak dari mereka yang kemudian melanjutkan untuk rekreasi di kampung tematik yang juga
menawarkan berbagai wahana permainan itu.

Ledya Shelfy selaku Sales & Marketing Manager Hotel THE 1O1 Malang OJ mengatakan Bulan Oktober merupakan bulan spesial bagi Hotel THE 1O1 Malang OJ dan properti-properti lain di bawah manajemen PHM Hospitality.

Hal tersebut karena secara serempak, seluruh hotel yang dinaungi oleh PHM Hospitality melangsungkan event OctobArt di setiap akhir pekan di sepanjang bulan.

Shelfy menuturkan event ini merupakan salah satu bentuk kepedulian hotel terhadap masyarakat di sekitar, salah satunya kepada TK Taman Harapan. “Kolaborasi seperti ini diharapkan dapat terus terjaga di lain kesempatan,” tuturnya.

Ade Sudrajat, General Manager Hotel THE 1O1 Malang OJ juga menambahkan
kegiatan semacam ini merupakan bagian dari ikhtiar manajemen untuk peduli kepada masyarakat Kota Malang agar menjaga warisan budaya dan kearifan lokal daerah setempat. Edukasi cinta budaya perlu kiranya untuk diajarkan kepada anak-anak sejak dini, sehingga mereka kelak tidak melupakan warisan leluhur tersebut.

Ade menegaskan Hotel THE 1O1 Malang OJ masih memiliki dua rangkaian acara lagi dalam OctobArt tahun ini.

Masing-masing diselenggarakan setiap Hari Sabtu hingga 2 November 2019 mendatang dengan mengusung konsep unik dan berbeda dari yang sebelumnya. “Tentunya menggabungkan antara kreatifitas, seni, dan budaya,” tandas dia. (*)