Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024, Mahasiswa UB Gagas Pelatihan Ecoenzyme, Ecobrick dan Digital Marketing Bareng PT. Jasa Marga

Di Posting : 2 Juni 2024
Penulis : Doddi Risky
Kategori :
Bagikan :

Foto : Prokota.com

MALANG|PROKOTA.COM – Bertepatan dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia yang diperingati setiap 5 Juni, Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya dan PT. Jasamarga Pandaan Malang Menggelar Aksi Sosialisasi Zero Waste “Pelatihan Ecoenzyme, Ecobrick, dan Digital Marketing” dikawasan Desa Banjararum, Kecamatan Singosari Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Salah satu Mahasiswa Universitas Brawijaya, Arief Lukman, mengatakan kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan berdekatan dengan momen peringatan Hari Lingungan Hidup Sedunia.

Para mahasiswa yang tergabung dalam program Magang MBKM FP UB tahun 2024.

“Contohnya, seperti hari ini tanggal 2 Juni 2024 dan 8 Juni 2024 kami melaksanakan sosialisasi pemilahan sampah, pembuatan ecobrick bagi warga masyarakat Banjararum untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup sedunia,” ucapnya, Sabtu (2/6/2024).

Pemateri 1; Davit Aldhi Pratama (Pemateri Zero Waste) dan Pemateri 2; Ainilah Rofiqi (Pemateri Ecobrick).

Dipilihnya tema sosoialisasi Zero Waste “Pelatihan Ecoenzyme, Ecobrick, dan Digital Marketing”dalam acara kali ini, lebih kepada nilai manfaat yang bisa diperoleh bagi masyarakat.

“Selain untuk mengurangi masalah sampah yang ada di masyarakat, sampah ekonomis juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan daur ulang dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi jika bisa dikelola dengan baik, menurut Lukman banyak masyarakat yang belum mengetahui manfaat ecobrick, ecoenziyme dan menganggapnya sebagai hal yang lumrah. Sehingga dikegiatan sosialisasi kali ini kami juga mengenalkan program digital marketing agar produk mereka nantinya dapat dipasarkan melalui online market,” ujarnya berharap.

Senada, Direktur Bumdes Desa Banjararum, Clemens menilai bahwa saat ini memang perlu adanya kegiatan sosialisasi pada warga masyarakat khususnya di Desa Banjararum agar masyarakat dapat mengelola sampahnya. “Baik melalui Bank Sampah Resik Makmur (BRM) maupun kegiatan yang didukung oleh PT. Jasamarga Pandaan Malang agar kepedulian lingkungan terus terjaga. Jadi saat ini kami butuh gerakan kepedulian lingkungan khususnya pengelolaan sampah didaerah kami dapat terwujud serta kolaborasi dengan semua pihak” jelasnya disela sela acara,” beber dia.

Lebih jauh dijelaskan Clemens, bahwa lingkungan di RT 11 RW 11 juga akan melakukan MOU bersama PT. Jasamarga Pandaan Malang sebagai wujud kolaborasi untuk memajukan kesadaran warga masyarakat Desa Banjararum.

Turut terlibat dalam acara ini Pembina Adiwiyata Sulaiman Sulang yang merupakan tokoh penerima penghargaan Kalpataru Tingkat Propinsi Jawa Timur tahun 2023, Bapak Ismayadi (Manager SDM dan Umum), Bapak Clemens (BUMDes Banjararum), Ketua Rt 11 dan Rt 4 Desa Banjararum, PKK Rt 11 dan Rt 4 Desa BanjarArum serta Mahasiswa Magang MBKM Fakultas Pertanian Brawijaya.

Dengan adanya pelatihan dapat membangun semangat, kreatifitas serta inovatif kepada masyarakat dengan sosialisasi dan pelatihan ini memberikan informasi pengelolahan dan pemilahan sampah yang tepat dan dapat berpeluang menjadi nilai ekonomi masyarakat terutama di Desa Banjararum dan dapat dipasarkan melalui Digital Marketing.(luk/sul/riz)

Di Posting : 2 Juni 2024

Berita Serupa

Politik
Bisnis
Olah Raga