Asosiasi Kepala Desa Bakal Usung Satu Calon di Pilwali Kota Batu 2024

Di Posting : 20 Februari 2023
Penulis : Ahmad Sahrul
Kategori :
Bagikan :

Foto : RAMAIKAN PILWALI BATU : Asosiasi Kepala Desa dan Lurah (APEL) Kota Batu saat acara silahturahmi

BATU PROKOTA.COM– Menjelang pelaksanaan Pilwali Kota Batu, jajaran Asosiasi Petinggi dan Lurah (APEL) Kota Batu bakal mengusulkan satu Kepala Desa (Kades) untuk maju dalam Pilwali 2024.

Langkah itu disampaikan oleh Sekretaris APEL Batu, Andi Faizal Hasan Senin (20/2/2023) siang saat menggelar silaturahmi di Jalan Imam Bonjol, Perumahan Cluster Imam Bonjol, Kota Batu.

Faizal mengatakan kegiatan ini sebenarnya hanya silaturahmi APEL Batu sambil makan duren. Jadi bukan deklarasi.

“Dalam silahturahmi ini APEL akan mencalonkan satu Kades untuk maju dalam bursa Pemilihan Wali Kota Batu 2024,” ujar Faizal kepada Malang awak media.

Pria yang juga sekaligus sebagai Kepala Desa Junrejo ini mengungkapkan bahwa satu sosok yang akan dicalonkan dalam Pilwali 2024 Kota Batu telah ditentukan oleh APEL Kota Batu.

Hanya saja, Faizal enggan menyebutkan identitas nama calon tersebut.
“Untuk siapa sosoknya kami masih belum bisa sebut nama. Ini karena Pemilu masih 1,5 tahun lagi. Tapi yang jelas kami sudah menentukan dan menyepakati siapa calonnya,” tutur dia.

Sedangkan untuk kriteria Kades yang diusulkan, kata Faizal sosok pemimpin yang memahami permasalahan dan potensi di tingkat desa yang belum bisa terungkap.

“Selain itu orang yang mampu membangun Kota Batu dari bawah atau desa. Serta orang asli Kota Batu,” ucap Faizal.

Hal senada dikatakan Kades Pandanrejo, Abdul Manan. Dia mengatakan ada 19 desa di Kota Batu dan telah memiliki satu calon yang akan diusung dalam Pilwali 2024. Calon tersebut akan diusung secara mandiri.

“Yang jelas 19 Kades sudah punya satu calon untuk maju dalam pemilihan Wali Kota Batu. Kami akan calonkan secara mandiri karena kami tidak boleh berpartai,” imbuhnya.

Seperti diketahui 19 Kades di Kota Batu terbagi di tiga kecamatan. Dari tiga kecamatan ada satu nama yang tertantang untuk diusulkan maju dalam Pilwali 2024.

Berdasarkan informasi yang diterima PROKOTA. COM, selain nama Faizal yang merupakan kades Junrejo, ada nama Wiweko yang merupakan Kades Oro-oro Ombo, ada jugasosok Suliono yang merupakan Kades Tulungrejo. (Rul)

EDITOR : Sam Agus

Di Posting : 20 Februari 2023

Berita Serupa

Politik
Bisnis
Olah Raga