Wawali Sofyan Edi : Extraordinary Untuk Naikkan Semangat Dan Herd Immunity GM FKPPI Gandeng Teratai Tunjung

MALANG PROKOTA.Com – “wow atraksi Teratai Tunjung sangat luar biasa’ alias extraordinary, apalagi dasarnya akan memberikan temen – temen GM FKPPI Makota 1333 menjadi semangat dan sehat, herd Immunity lebih meningkat, setelah ikuti latihan olah pernafasan bersama Teratai Tunjung,” ucap Sofyan Edi Jarwoko, Wawali kota Malang yang juga Penasihat Teratai Tunjung.

Sementara Ketua GM FKPPI Makota 1333 Rudi Nugroho, S.Pd didampingi Lolok Bambang Irianto waket juga pencetys dibukanya cabang Teratai Tunjung di PC GM FKPPI Makota 1333 iyang ikuti hari pertama pembukaan itu merasa terhormat dan tersanjung untuk optimalkan latihan, “semoga dibukanya cabang Teratai Tunjung di PC GM FKPPI temen2 dirayon yang ada di bhumi Arema ini makin semangat, serta solidkuatmilitan,” paparnya yakin.

Seperti diketahui bahwa seminggu yang lalu Jumat malam tepat menunjuk pukul 19.00 WIB ketika akan di buka nya cabang pelatihan baru seni olah pernafasan teratai tunjung di GM FKPPI kota malang yang di hadiri langsung oleh wakil walikota malang, Bapak Ir sofyan edi djarwoko.

“Apa sih itu Teratai tunjung?
Yaps, teratai tunjung adalah olahraga beladiri jaman dahulu yang asal muasalnya adalah dari jawa barat. Teratai Tunjung sendiri jika di cari Nasab atau silsilah nya adalah ke Sunan gunung jati atau sunan ke-9 dari para wali yang berartikan bahwa sanadnya menyambung ke Nabi Muhammad Saw.

“Teratai Tunjung dibesarkan di Malang oleh bapak hero ageng wahyu dan kakak beliau bapak alm Wahyu Budi Utomo. Teratai Tunjung sebenarnya terdiri dari 2 kategori yaitu seni pencak silat dan seni olah pernafasan. kenapa dan apa sebenarnya?, karena Teratai Tunjung disini lebih di fokuskan ke olah pernafasannya.” ungkap Ifa Munzilatul Fauzyyah, salah satu warga 1 Otw dua Teratai Tunjung coba beri gambaran .

Lanjut dara asal Singosari peraih asisten Pelatih Teratai Tunjung itu lebih jauh menuturkan perihal Teratai Tunjung, Itulah yang berbeda di sini, jika di beladiri lain pencak silat adalah yang utama dan tenaga dalam hanya diberikan kepada yang senior, maka disini tidak. di Teratai Tunjung diajarkan keduanya, tapi bagaimanakah untuk orang yang sudah berumur jika ingin bergabung? maka sangat tidak mungkin sekali bukan jika akan di ajarkan silat yang jelas-jelas dampaknya langsung dengan fisik.

“Lalu apa itu olah pernafasan? kan kita setiap hari sudah bernafas kenapa harus di olah lagi?”tutur siswi klas 3 SMKN 2 di Singosari tersebut sedikit serius namun santai.

Katanya ,bahwa seni olah pernafasan yaitu pengolahan nafas yang setiap kali kita lakukan, jika kita bernafas setiap hari hanya masuk ke paru-paru dan keluar lagi secara percuma maka di Teratai Tunjung ini tidak, disini kita diajarkan bagaimana nafas itu bekerja dalam tubuh sehingga menghasilkan hal-hal positif bagi tubuh.

“Salah satu halnya saya,secara pribadi rasakan yaitu tentang saya yang notabene nya sangat sensitif dan pemarah tapi lewat teratai tunjung saya bisa mengendalikan emosi saya, saya bisa menjadi sosok yang lebih tenang saat ada masalah dan selalu positif thinking untuk apapun yang akan terjadi. untuk hal lain yang bisa dirasakan secara nyata adalah tubuh yang segar, jika setelah ikut beladiri lain badan akan terasa capek tapi disini justru badan terasa segar setelah latihan.”

“Tapi dalam penampilan kemaren kok ada yang kayak diserang tanpa disentuh itu apa yaa?”

“Itu namanya ampal-ampalan yaitu penerapan tenaga dalam yang di peroleh dari seni olah pernafasan tadi. bagi orang awam hal itu adalah mustahil karena bisa mendorong bahkan melukai seseorang tanpa menyentuh. tapi bagi kita anggota teratai tunjung yang sudah membuktikan itu adalah hal yang sudah biasa. kepekaan seseorang di uji disini, baik yang mengampal ataupun yang di ampal. _Apasih yang dirasain saat di ampal?_ untuk yang mengampal sendiri mengeluarkan tenaga nya keluar sehingga yang di ampal akan merasa diri mereka di dorong oleh energi yang besar dan untuk efeknya tergantung kekuatan sebesar apa yang dikeluarkan oleh yang mengampal.

“Bagaimana tanggapan orang-orang FKKPI sekaligus bapak wawali kota malang?”

Nampaknya, lanjut dara sinam itu coba menerka jika mereka sangat berantusias dalam acara pembukaan tersebut yang mereka sendiri banyak yang maju dan membuktikan gimana sih rasanya di ampal itu. dan untuk bapak wakil walikota sendiri, ini adalah kali keduanya teratai tunjung tampil di hadapan beliau.

“Awalnya dulu Teratai Tunjung di undang untuk mengisi acara di bandulan maka sekarang teratai tunjung hadir kembali di hadapan beliau untuk membuka cabang latihan baru di GM FKKPI kota malang yang diresmikan dan dibuka secara langsung oleh bapak wakil walikota malang yakni bapak ir. Sofyan edi djarwoko dan pengasuh teratai tunjung yakni bapak Hero ageng wahyu yang disambut meriah oleh anggota teratai tunjung dan warga GM FKPPI, selanjutnya apakah latihan pertama itu bakal lancar, kita lihat saja nanti bisa terjawab setelah satu bulan, insyaallah lancar dan sesuai harapan,” pungkasnya sambil tersenyum. (ifa/dr/tok/tik)