Dispendukcapil Permudah Akses Adminduk, Gandeng 5 OPD

MALANG PROKOTA.Com – Demi memudahkan dan ketertiban dan informasi publik, Dispenduk Capil Kabupaten Malang kini bekerjasama dengan lima (OPD) Organisai Perangkat Daerah, guna untuk mempermuda akses data kependudukan dari Kantor Dinas masing-masing.

Ke lima OPD yang dapat mengakses Data Kependudukan di antaranya Dinas Pendidikan, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Sosial, Bapeda dan DPMD.

Hal itu diungkapkan Plt Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Malang, Sirath Aziz, bahwa akses data kependudukan untuk OPD tersebut berdasar amanat Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan,

“Karena terkait akses data Kependudukan pada OPD maka Kementerian Dalam Negeri telah menerbitkan Peraturan Menteri dalam Negeri Republik Indonesia (Permendagri) Nomor 102 Tahun 2019 tentang Pemberian Hak Akses dan Pemanfaatan Data Kependudukan,” terang Sirath pada awak media Rabu 16/12.

Lebih jauh dikatakannya jika dalam Permendagri ini juga telah mengatur penyelenggaraan secara teknis tentang hak akses dan pemanfaatan data kependudukan.inovasi- inovasi terkait pelayanan Dukcapil ini dapat memberikan kemudahan pemanfaatan data kependudukan.

“Data Kependudukan yang di akses, untuk Pelayanan publik, perencanaan pembangunan, alokasi anggaran, pembangunan demokrasi, serta penegakan hukum dan pencegahan kriminal.

Menurutnya, akses tersebut adalah hak yang diberikan Menteri Dalam Negeri kepada petugas yang ada pada penyelenggara dalam hal ini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil sebagai Perangkat Daerah yang memiliki tanggung jawab yang tinggi dan kewenangan dalam urusan Administrasi Kependudukan di tingkat kabupaten.
“Nantinya Instansi pelaksana dan pengguna untuk dapat mengakses Basis Data Kependudukan sesuai dengan izin yang diberikan,” tutupnya.(mul/yas)