Kejar Target Pajak Bumi Bangunan 73 M, Bapenda Kota Malang Gelar Program Singgah Perumahan

Di Posting : 24 Juni 2024
Penulis : Agus Prasetyo
Kategori :
Bagikan :

Foto : Prokota.com

MALANG|PROKOTA.COM – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Malang terus melakukan inovasi agar mampu memenuhi target Pajak Bumi Bangunan (PBB).

Terlebih pada tahun ini, target PBB sebesar 73 Miliar.

Jika sebelumnya, Bapenda sudah melakukan program Sambang Kelurahan, kali ini Bapenda juga meluncurkan Program Sambang atau Singgah Perumahan. “Prinsipnya kami ingin mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Dengan Singgah atau Sambang Perumahan tentunya kami ingin mendekatkan pelayanan dan masyarakat semakin mudah dalam melakukan pembayaran PBB,” ujar Kepala Bapenda Handi Priyanto kepada PROKOTA.COM.

Sementara itu, Kabid Pajak Daerah, Suko Kurnianto menambahkan realisasi target pajak bumi dan bangunan (PBB) di semester I 2024, sudah berhasil melampaui target.

Adapun target PBB pada Mei 2024 kemarin sebesar Rp 19.710.000.000.  Kini hasil dicapai oleh Bapenda sebesar Rp 23.391.807.783.

“Angka ini masih bisa bertambah. Karena pelaksanaan pemungutan PBB semester pertama masih berlangsung hingga 30 Juni 2024 nanti,” sambung Suko.

Disinggung soal besarnya target PBB pada tahun ini Suko menegaskan Inovasi terus dilakukan Bapenda. Sehingga kedepan harapannya target tersebut bisa terealisasi.

Tahun ini Bapenda meluncurkan program Sambang Perumahan.
Harapannya Bapenda bisa jemput bola hingga dilevel bawah lagi yakni lingkungan RT dan RW.

Buktinya program sambang perumahan yang sudah mulai dijalankan Bapenda mendapat respon positif dari masyarakat.

Seperti di level RT dan RW, Bapenda berhasil melayani pembayaran PBB senilai Rp10 juta. “Jumlah itu untuk satu wilayah perumahan saja,” kata Suko.

Adapunn awal pelaksanaan sambang perumahan, dimulai pada Juni 2024.

Tim Bapenda sudah mendatangi Perumahan Puskopad Arjowinangun dan Pesona Buring Raya (19/6/2024).

Selanjutnya, Sambang Perumahan dilanjutkan tim Bapenda pada Kamis (20/6/2024), dengan mendatangi Perumahan Dirgantara dan Sawojajar.

Selanjutnya giliran Perumahan Perum Permata Jingga Tasik madu dan Perum Kalila Residence Jumat (21/06/2024).

Terus tim Bapenda akan bergeser Perumahan Ijen Nirwana dan de Rumah serta Perumahan Wilis Indah sekaligus Istana Dieng (24&25/6/2024).

“Tiga hari ke depannya akan digelar di Perumahan Karanglo Indah Balearjosari, Plaosan Permai, Greenland, Bukit Cemara Tidar Karang Besuki, Pandanwangi Utama serta Ngujil Permai,” tandas Suko. (Gus)

Di Posting : 24 Juni 2024

Berita Serupa

Politik
Bisnis
Olah Raga