Jelang Ramadhan, Gubernur Jatim, Khofifah Resmikan Masjid Raya Islamic Centre

Di Posting : 18 Maret 2023
Penulis : Ahmad Sahrul
Kategori :
Bagikan :

Foto : Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meninjau langsung keberadaan Masjid Raya Islamic Centre.

SURABAYA|PROKOTA.COM – Menjelang Ramadhan, Masjid Raya Islamic Centre akhirnya diresmikan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Masjid yang menghabiskan anggaran Rp52,7 miliar ini didesain Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang juga ahli sebagai arsitek.

Masjid Raya Islamic Centre ini berdiri di atas lahan seluas 6.406 meter persegi dengan luas bangunan mencapai 5.800 persegi.

Masjid ini bisa menampung 3.630 jemaah, terdiri dari 1.584 jemaah di lantai satu, 1.046 jemaah di lantai dua, dan 1.000 jemaah di halaman masjid.

“Provinsi Jawa Timur ini secara kualifikasi ternyata memang belum memiliki masjid raya,” ujar Khofifah dalam peresmian masjid di Jalan Raya Dukuh Kupang, Dukuhpakis, Surabaya, Sabtu (18/3/2023) sore.

Khofifah mengungkapan masjid ini sengaja dinamai dengan masjid raya karena memang ada klasifikasi tersendiri dalam penamaan masjid. Sehingga pada Ramadhan tahun ini bisa dipergunakan sebagai tempat ibadah.
“Semoga puasanya makin khusyuk, dan mudah-mudahan ibadah kita dilancarkan oleh Allah,” kata mantan menteri sosial ini.

Seperti diketahui pembangunan masjid raya ini memakai dana APBD Provinsi Jawa Timur sebesar Rp52,7 miliar. Dan proses pembangunan dimulai pada September 2022.

Khofifah menegakan standar Masjid Raya Islamic Centre Jatim ini ramah disabilitas.
Dengan lantai yang dikhususkan untuk rekan-rekan disabilitas. Jadi ini sangat mudah diakses.

Dalam peresmian masjid ini, pemerintah juga membagikan bantuan paket sembako kepada 350 sopir ojek online perempuan dan 400 kaum duafa yang dilakukan secara simbolis.

Selain itu, tradisi megengan dengan menyediakan tumpeng dari 1.000 kue apem juga dilaksanakan sebagai penanda bahwa masyarakat Jatim telah siap menyambut datangnya bulan suci Ramadan 1444 H.

Khofifah mengatakan masjid ini sekaligus menjadi wadah dan sarana untuk memberikan pendampingan pada jemaah dalam sektor wirausaha.

Terlebih lokasi Masjid Raya ini dekat dengan lingkungan eksekutif dan kantor-kantor lembaga strategis di Jatim.
“Saya berharap keberadaan masjid ini menjadi sarana untuk memberikan nilai tambah bagi jemaah dan masyarakat,” tandas ketua PP Muslimat ini. (Rul) 

EDITOR : Sam Agus

Di Posting : 18 Maret 2023

Berita Serupa

Politik
Bisnis
Olah Raga