Sukses Beri Layanan Kesehatan Maksimal, Wali Kota Malang Terima Penghargaan UHC Award dari Menko PMK RI

Di Posting : 14 Maret 2023
Penulis : Doddi Risky
Kategori :
Bagikan :

Foto : Wali Kota Malang H. Sutiaji seusai menerima penghargaan UHC Award.

JAKARTA|PROKOTA.COM – Keseriusan Pemkot Malang untuk memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat berbuah manis. Sebab Kota Malang mendapatkan penghargaan dari Kementerian Koodinator PMK Republik Indonesia kategori cakupan kesehatan semesta (UHC) Award.

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian kepada Wali Kota Drs H. Sutiaji di Gedung Balai Sudirman Jakarta Selatan, Selasa (14/3/2023).

Penghargaan Kota Malang Bersama dengan 22 provinsi dan 300 kabupaten/kota se Indonesia.

Ditemui selepas kegiatan, Walikota Sutiaji mengapresiasi kolaborasi yang baik antara Pemerintah Kota Malang, BPJS Kesehatan, serta semua stakeholder kesehatan mulai dari rumah sakit, puskesmas dan penyedia kesehatan yang lain sehingga kepercayaan masyarakat terus meningkat.

Menyinggung kepercayaan masyarakat, Sutiaji mengatakan trcapainya Universal Health Coverage (UHC) di Kota Malang, maka kesadaran dan kepedulian masyarakat di Kota Malang terhadap kesehatan sudah sangat tinggi dan tentu mempunyai korelasi dengan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah.

“Pertama tentu bersyukur, sekali lagi Kota Malang diapresiasi Pemerintah Pusat, tetapi ini yang perlu kita garis bawahi, bahwa Kolaborasi hexahelix yang kita terapkan dapat diterima dengan baik. Semuanya ini jadi pondasi, pondasi ini mari kita jaga sama-sama agar terus jadi budaya yang baik, ” ujar Sutiaji.

“Selanjutnya tentu pada semua stakeholder ya, ada Dinas Kesehatan, BPJS, rumah sakit, puskesmas, dan semuanya. Kolaborasi ini memberikan kepercayaan kepada masyarakat. Korelasinya begini, saat masyarakat percaya, maka masyarakat mempunyai kesadaran dan kepedulian”, sambung Sutiaji.

Seperti diketahui dalam acara UHC award, juga hadir Wakil Presiden RI Bapak KH. Ma’ruf Amin dan Menko PMK Bapak Muhajir Effendy.

UHC Award sendiri diberikan kepada pemerintah daerah yang telah memenuhi cakupan kesehatan semesta yang menjamin seluruh masyarakat mempunyai akses untuk kebutuhan pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif yang berkualitas dan efektif.

Sutiaji tidak menampik bahwa dengan tingginya kepercayaan masyarakat, maka ekspektasi masyarakat utamanya di bidang kesehatan dan pelayanan akan semakin tinggi. Untuk itu orang nomor satu di Pemkot Malang ini berharap kualitas pelayanan harus terus ditingkatkan agar kepercayaan masyarakat tetap terjaga dengan baik.

“Sudah menjadi konsekuensi dan saya kira kepercayaan masyarakat ini modal. Maka, mari kita jaga, mari kita tingkatkan kualitasnya, agar kepuasan masyarakat tercapai, masyarakat menaruh kepercayaan penuh kepada negara, sudah sepantasnya kita juga berikan yang terbaik kepada masyarakat, artinya negara benar-benar hadir dan memberikan kemudahan pada masyarakat, ” kata mantan wakil wali kota Malang ini.

Ditanya tentang seberapa tinggi kepercayaan masyarakat terhadap program jaminan kesehatan nasional, pria berkacamata ini menjelaskan bahwa berdasarkan data dari BPJS Kesehatan Kota Malang, tingkat kepesertaan masyarakat sudah mencapai 106 persen.

“Ini semua terukur, jadi Kota Malang sekarang, presentase kepesertaan masyarakat sudah mencapai 106%, artinya semua penduduk Kota Malang yang tercatat di Dispendukcapil, semuanya sudah ikut BPJS. Inilah penilaian utama dari penghargaan UHC ini, hanya nanti akan di update lagi datanya karena ada warga yang sudah meninggal tetapi belum dilaporkan ke Dispenduk, sehingga presentase nya sampai 106%,” mbuh Walikota Sutiaji.

Sutiaji menegakan pencapaian ini sejalan dengan visi misi yang diusung di awal periode kinerjanya di bidang kesehatan. Artinya kesehatan merupakan salah satu prioritas yang harus dicapai yang menjadi bagian integral dari pembangunan manusia.

“Bidang kesehatan menjadi salah satu prioritas yang sudah kami canangkan dulu, dengan UHC ini maka ini upaya dari bagian integral pembangunan manusia khususnya masyarakat Kota Malang sudah sesuai dengan target kami, Terimakasih masyarakat Kota Malang”, tandas politisi Demokrat ini. (ron/riz/hms)

Di Posting : 14 Maret 2023

Berita Serupa

Politik
Bisnis
Olah Raga