Berhasil Layani Kesehatan 661 Ribu Warga Kurang Mampu, Bupati Malang Raih Penghargaan UHC

Di Posting : 14 Maret 2023
Penulis : Ahmad Sahrul
Kategori :
Bagikan :

Foto : Bupati Malang H. Sanusi menerima penghargaan UHC dari Mendagri RI Tito Karnavian.

MALANG|PROKOTA.COM – Prestasi di bidang kesehatan berhasil dipersembahkan Pemkab Malang.

Bupati Malang Sanusi menerima penghargaan UHC atau Universal Health Coverage dari Mendagri Tito Karnavian yang didampingi Dirut BPJS Kesehatan, Ali Gufron Mukti, Selasa (14/3/2023).

Berdasarkan rilis Pemkab Malang, penghargaan yang diterima Bupati Malang Sanusi ini diserahkan pada kegiatan Jaminan Kesehatan Nasional pada puncak acara UHC Awards 2023 yang dihadiri Wapres RI KH Ma’ruf Amin di Balai Sudirman, Jakarta Selatan.

Hadir mendampingi Bupati Malang di Jakarta diantaranya Sekda Kabupaten Malang, Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM Kepala BPJS Malang Raya, dr. Roni Kurnia Hadi Permana, M.M.R.S., AAK, Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Malang Apt. Ariyanti S.Farm.,AAAK, serta sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang.

“Alhamdulillah, bersyukur Pemerintah Kabupaten Malang meraih UHC Awards 2023. Penghargaan ini dari hasil penilaian Pemerintah Pusat bahwa Pemerintah Kabupaten Malang melayani atau memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat kurang mampu sebanyak 661 ribu jiwa secara gratis,” ucap H. Sanusi.

Pelayanan bagi masyarakat kurang mampu sebanyak 661 ribu jiwa tersebut diberikan atau dilayani di 39 Puskesmas yang ada di Kabupaten Malang, serta RSUD Kanjuruhan, RSUD Lawang dan RSUD Ngantang.

Penghargaan UHC ini merupakan juga sebagai bentuk apresiasi Pemerintah Pusat terhadap layanan kesehatan yang accessibility atau mudah diakses bagi masyarakat di daerah.

Pemerintah Pusat merilis bahwa penyerahan UHC Award 2023 kepada pemerintah daerah yang telah melindungi penduduknya lebih dari 95 persen dan telah mendaftarkan dalam segmen PBPU Pemerintah Daerah.

“UHC merupakan sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga dalam populasi memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan, promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif bermutu dengan biaya terjangkau,” ucap Sanusi.

Dengan penghargaan ini, kata Sanusi akan tetap memperhatikan kualitas pelayanan kesehatan yang baik dan terus meningkat bagi peserta yang menerima pelayanan dan memastikan biaya pelayanan kesehatan yang digunakan tidak membuat masyarakat dalam kerugian finansial.

”Untuk cakupan UHC Kabupaten Malang pada 2023, tercatat progres pencapaian UHC hingga bulan Maret 2023 sudah mencapai 2.580.323 atau 97,26 persen, dari total jumlah penduduk 2.653.085 jiwa. Terima kasih kepada masyarakat Kabupaten Malang yang telah aktif dalam melaksanakan jaminan kesehatan,” beber politisi PDIP ini.

Sanusi menegaskan Pemerintah Kabupaten Malang menerima penghargaan UHC dari Mendagri ini bersama para kepala daerah dari 22 provinsi dan 334 kota/Kabupaten di seluruh Indonesia. Termasuk juga Kota Malang. (*/rul)

EDITOR : Sam Agus

Di Posting : 14 Maret 2023

Berita Serupa

Politik
Bisnis
Olah Raga