Rakernas APEKSI XV Dibuka, Walikota Malang H Sutiaji : “Pentingnya Sinergi Sikapi Isu Strategis Perkotaan”

Di Posting : 8 Agustus 2022
Penulis : Doddi Risky
Kategori :
Bagikan :

Foto : Prokota.com

MALANG PROKOTA.Com – Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji mengungkapkan bahwa tingkat kehadiran para wali kota se-Indonesia yang terbilang cukup tinggi dalam rakernas kali ini sangat strategis untuk membangun kesepahaman dalam menjawab sejumlah isu strategis saat ini.

“Lebih dari 90 wali kota dari total 98 kota hadir ya. Jadi saya pikir ini momentum yang baik untuk kita memperjuangkan isu honorer/tenaga kontrak kaitannya dengan PPPK. Juga hal-hal terkait dinamika inflasi, kemandirian fiskal, pilpres, pileg dan pilkada”, urai Sutiaji kala ditemui di sela padatnya agenda Rakernas.

Pria yang gemar gowes ini menambahkan bahwa usulan dan pembahasan semua isu akan dikerucutkan dalam Pleno esok hari. Ia berharap aspirasi pemerintah daerah nantinya bisa diakomodir oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Dalam Negeri. Selain itu, dirinya turut mengapresiasi penyelenggara Rakernas kali ini.

“Kami mengucapkan apresiasi pada Apeksi Pusat dan Pemkot Padang. Tadi disampaikan cost memang 14 miliar, tapi yang hadir 5000-6000 dari seluruh indonesia. Efek dominonya bagi ekonomi, dari hotel, penerbangan, wisata, hingga UMKM luar biasa besarnya”, cetus Sutiaji.

Rakernas APEKSI XV Padang yang digelar pada 7-10 Agustus 2022 diisi 9 acara utama, 5 acara pendamping dan 1 special event. Tema yang diangkat adalah Kota Kita Bangkit, Yang Maju, Yang Bersinergi.

Perlu diketahui bahwa Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) XV Tahun 2022 resmi dibuka di Hotel Truntum, Kota Padang pada Senin (8/8/2022).

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat membuka rakernas Mendag berpesan agar para Wali Kota se-Indonesia bisa menghasilkan kolaborasi dan sinergi dalam inovasi dan menjamin stabilitas ketersediaan serta harga bahan pokok.

“Kita juga harapkan stabilitas politik dan keamanan bangsa tetap terjaga,” tambah Mendag.”pungkasnya optimis. (pan/riz/hms)

Di Posting : 8 Agustus 2022

Berita Serupa

Politik
Bisnis
Olah Raga