Galakkan Inovasi Program OVOP, Bupati Blitar Mak Rini Kenalkan Potensi Desa Wisata dan UMKM Kreatif

Di Posting : 7 Juli 2022
Penulis : Agus Prasetyo
Kategori :
Bagikan :

Foto : Prokota.com

BLITAR PROKOTA.COM – Bupati Blitar Rini Syarifah terus berinovasi menggalakkan program One Village One Product (OVOP). Program ini menjadi salah satu cara Pemkab Blitar untuk mengenalkan berbagai potensi yang ada di desa-desa se-Kabupaten Blitar.

Mak Rini (sapaan akrab Bupati Blitar) giliran mengenalkan potensi wisata dan produk ekonomi kreatif yang ada di Desa Sumberagung dan Desa Panggungrejo di Kecamatan Panggungrejo, Blitar, Kamis (7/7/2022).

Desa Sumberagung merupakan salah satu desa yang terkenal dengan potensi unggulan UMKM Kreatif sentra Jenang Jowo.

Jenang jowo yang diproduksi oleh masyarakat Desa Sumberagung banyak dipesan untuk acara-acara hajatan maupun oleh-oleh tradisional.

Selain itu, Desa Sumberagung juga memiliki berbagai berbagai olahan UMKM seperti, tiwul ampok instan, aneka keripik dan juga potensi wisata Taman Keanekaragaman Hayati (Taman Kehati) sebagai taman dan ruang terbuka hijau yang dikembangkan di atas lahan tanah kas desa (TKD).

Sedangkan Desa Panggungrejo sendiri memiliki potensi wisata Air Terjun Bidadari. Dinamakan Air Terjun Bidadari karena ketika siang hingga sore pancaran sinar matahari yang mengenai air terjun menghasilkan biasan warna pelangi di sekitar air terjun.

 

Pelangi yang identik dengan bidadari menjadikan air terjun ini diberi nama Air Terjun Bidadari. “Kali ini kita melakukan sambang desa di Desa Sumberagung dan Desa Panggungrejo di Kecamatan Panggungrejo. Kita lihat ada banyak potensi unggulan yang dapat dikembangkan, seperti di Desa Sumberagung tadi kita lihat ada UMKM Kreatif Jenang Jowo yang dapat dikembangkan menjadi wisata edukasi. Disana juga ada rintisan taman wisata Taman Kehati. Lalu di Desa Panggungrejo ternyata ada potensi wisata 3 air terjun, salah satunya Air Terjun Bidadari yang kita kunjungi ini,” ujar Bupati Mak Rini.

Bupati yang juga Politisi asal PKB ini mengatakan potensi tersebut harus terus dikembangkan dan dipromosikan untuk mengangkat perekonomian masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut Mak Rini juga melakukan dialog langsung dengan masyarakat untuk memberikan solusi permasalahan yang dihadapi para pelaku UMKM maupun kelompok sadar wisata. “Sentra Jenang Jowo di Desa Sumberagung dan Air Terjun Bidadari di Panggungrejo ini cocok dikembangkan menjadi sebuah paket wisata yang nantinya diharapkan bisa menjadi destinasi unggulan. Potensi ini cocok untuk menarik wisatawan karena lokasinya searah dengan destinasi wisata Pantai Serang,” tandas dia. (Rul)

Di Posting : 7 Juli 2022

Berita Serupa

Politik
Bisnis
Olah Raga