Hujan Es Dan Angin Kencang Atap 6 Rumah DiPandanwangi Melayang ,BMKG Malang Sebut Akibat Awan CB

Kategori :
Penulis : Ilyasi
Bagikan :
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

MALANG PROKOTA.COM –Terjadi hujan es di sejumlah lokasi di Malang Raya yakni di kawasan perumahan Sawojajar, kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, Sekarpuro kecamatan Pakis, Kecamatan Lawang dan Kabupaten Malang.

Atas adanya fenomena ini, Kepala Stasiun Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Malang memberikan penjelasan dan Imbauan.

“Fenomena hujan es disebabkan adanya awan Cumulonimbus (CB) yang terbentuk akibat pemanasan terik pada siang hari,” tegas Kepala Stasiun BMKG Malang Anung Suprayitno, Kamis (23/12/2021) pada rilis yang dikirim ke awak media.

Dikatakannya, Awan CB pada tahap matang mengalami pendinginan atau kondensasi ekstrem, sehingga berpotensi turun dalam bentuk partikel es. Hujan es berasal dari awan CB, namun tidak setiap awan CB menimbulkan hujan es.
Diungkapkannya, fenomena hujan es bersifat sangat lokal atau berada pada kisaran 5-10 kilometer dan dalam waktu yang singkat. Selain itu, kecil kemungkinan untuk terjadi kembali di tempat yang sama.

Dijelaskannya, terjadinya cuaca ekstrem pada masa pergantian musim merupakan hal yang wajar. Sehingga, masyarakat diminta untuk tetap waspada terhadap fenomena cuaca ekstrem, termasuk dampak yang ditimbulkan. Terjadinya cuaca ekstrem adalah hal yang lumrah pada masa pergantian musim hingga musim hujan.

“Kami mengimbau masyarakat tetap waspada terhadap munculnya fenomena cuaca ekstrem, termasuk dampak yang ditimbulkan, terutama pada area rawan bencana hidrometeorologi. Masyarakat diminta untuk selalu memantau perkembangan informasi cuaca pada laman-laman resmi milik BMKG,” tandasnya. (nun/riz/bmkg)

Di Posting : 4 weeks Yang Lalu

Berita Serupa

Politik
Bisnis
Olah Raga