Fenomena Awan Kemerahan Di JAWA TIMUR Hebohkan Warga Malang Raya

Kategori :
Penulis : Ilyasi
Bagikan :
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Foto : Prokota.com

MALANG PROKOTA.Com – Dari hasil pantauan beberapa gambar dan video yang viral beredar di masyarakat Jawa Timur terutama wilayah Malang, Mojokerto dan sekitarnya.

“BMKG Jawa Timur telah melihat, memantau dan menganalisis berdasarkan beberapa data yang kami miliki,

“Sehingga kami menyimpulkan bahwa kejadian tersebut sebagai berikut :
Fenomena awan kemerahan merupakan hal yang biasa terjadi sebagai salah satu contoh fenomena optik atmosfer. “ungkap kordinator BMKG jatim Taufiq,ST.MT dalam rilisnya 13/12 pada awak media.

Lebih jauh dikatakannya bahwa warna kemerahan pada awan dan langit di sekitarnya disebabkan pembiasan cahaya matahari oleh partikel-partikel yang ada di atmosfer sehingga menghasilkan energi yang rendah, gelombang panjang dan memunculkan warna kemerahan.

“Semakin rendah posisi matahari dari garis cakrawala, maka semakin rendah pula cahaya merah yang dicapai. Fenomena langit kemerahan ini biasa terjadi pada sore menjelang malam hari.

“Radar cuaca BMKG Juanda memantau beberapa pertumbuhan awan Cumulonimbus disekitar lokasi pada video. Awan Cumulonimbus merupakan satu-satunya jenis awan
yang dapat menghasilkan kilat dan petir.

“Sambaran kilat dari awan ini menambah efek cahaya kemerahan di langit tersebut.

“Diharapkan masyarakat agar tidak panik dan tetap memantau informasi dari kanal resmi terkait agar terhindar dari isu-isu yang tidak bertanggung jawab.”tandas Taufiq berharap. (dr/rls/BMKG/jtm)

Di Posting : 1 month Yang Lalu

Berita Serupa

Politik
Bisnis
Olah Raga