Extraordinary Giat Kampanye Gemar Makan Ikan, Forikan Kota Malang Raih Penghargaan

Di Posting : 8 Desember 2021
Penulis : Ilyasi
Kategori :
Bagikan :
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Foto : Prokota.com

MALANG PROKOTA.Com – “Gemar makan ikan itu menjadi keharusan. Karena banyak vitamin yang dihasilkan dari makan ikan,” kata Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji, usai menerima kabar Forikan Kota Malang meraih penghargaan.

Pemerintah Kota (Pemkot) Malang melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dispangtan), meraih Forikan Terbaik pada ajang Forikan Award 2021 sebagai Forikan yang berperan aktif dalam pembentukan Forikan sampai ke tingkat kecamatan di Surabaya, Rabu (8/12/2021). Forikan adalah singkatan dari Forum Peningkatan Konsumsi Ikan.

Pemkot Malang telah memiliki Surat Keputusan Wali Kota Malang Nomor: 188.45/171/35.73.112/2021 tentang Pembentukan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kota Malang Tahun 2021-2023. Pemkot Malang sangat serius meningkatkan gizi warga Kota Malang dengan cara gemar makan ikan.

Meskipun Kota Malang tidak memiliki laut, paparnya, ajakan gemar makan ikan tetap menjadi sebuah keharusan untuk memberi tambahan nutrisi bagi generasi penerus bangsa. Ia meminta kepada warga, agar mempelajari dan membiasakan anak makan ikan. Sehingga yang awalnya tidak suka dengan ikan, mungkin karena amis dan seterusnya, bisa menjadi tertarik untuk makan ikan karena telah dibiasakan.

“Dengan gemar mengkonsumsi ikan, bisa mempengaruhi tingkat stunting di Kota Malang. Hal itu salah satu cara Pemkot Malang untuk mencegah stunting akibat kebutuhan gizi tidak terpenuhi,” sambungnya.

Ketua TP PKK Kota Malang yang juga menjabat Ketua Umum Forikan Kota Malang Widayati Sutiaji, S.Sos., MM mengatakan, pihaknya juga terus berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mencegah stunting ini. Salah satunya dengan Dispangtan Kota Malang mengampanyekan gerakan gemar makan ikan.

“Forikan Kota Malang adalah salah satu mitra TP PKK Kota Malang melalui Dispangtan Kota Malang. Kami terus berusaha dan berupaya mengampayekan kepada warga Kota Malang agar gemar makan ikan,” ujar Widayati.

Menurutnya, kampanye gerakan gemar makan ikan tersebut akan memberikan hasil yang memuaskan. Karena yang awalnya ada anak-anak yang tidak suka makan ikan, akhirnya penasaran dan ingin makan ikan. Tujuan akhirnya adalah, terpenuhinya gizi anak-anak di Kota Malang.

Sementara itu, Plt. Kepala Dispangtan Kota Malang dan Ketua Harian Forikan Kota Malang Sri Winarni, SH., MM mengatakan, atas kerja keras semua pihak akhirnya Kota Malang dinobatkan sebagai Forikan Terbaik oleh Ketua Forikan Jawa Timur Arumi Bachsin pada acara Sarasehan Hari Ikan Nasional (Harkanas) 2021.

“Melalui penghargaan ini, mudah-mudahan menjadi pendorong kami untuk lebih giat lagi mengampanyekan gerakan makan ikan kepada masyarakat,” pungkasnya optimis. (dr/ism/mc)

Di Posting : 8 Desember 2021

Berita Serupa

Politik
Bisnis
Olah Raga