Walikota Malang H Sutiaji: Best Practices, Kami Awali Dengan Proses Pembinaan Mental ASN Dan Perbaikan Tata Kelola Organisasi Dan Sumber Daya

Di Posting : 1 Desember 2021
Penulis : Ilyasi
Kategori :
Bagikan :

Foto : Prokota.com

foto : Extraordinary Kota Malang Paparkan Reformasi Birokrasi Dalam Seminar Kemenko Polhukam

JAKARTA PROKOTA.Com – Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji dalam pemaparannya kepada peserta dari seluruh Indonesia mengungkapkan bahwa proses reformasi birokrasi banyak dilakukan dibalik layar dan tidak bisa dilakukan secara instan.  Namun demikian tentu banyak kiat yang bisa dijadikan media untuk saling belajar antar daerah.

“Kami awali dengan proses pembinaan mental ASN dan perbaikan tata kelola organisasi dan sumber daya pemerintah daerah”, ungkap Sutiaji.

Dirinya menjelaskan bahwa Pemerintah Kota Malang memiliki sejumlah kiat dalam menjalankan Reformasi Birokrasi dihadapan sejumlah tantangan mengembalikan kepercayaan publik di awal kepemimpinannya dan badai pandemi dua tahun terakhir.

Diantaranya adalah perampingan organisasi dari 34 menjadi 28 Perangkat Daerah pada tahun 2019.  Hal tersebut bukan semata mengurangi jumlah tetapi ada prinsip right sizing yang diilustrasikan sebagai proses memilih kendaraan yang tepat untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.  Hasilnya adalah efisiensi belanja operasional yang bisa dialihkan untuk pembangunan daerah.

Seiring dengan proses tersebut, Pemerintah Kota Malang juga melakukan lelang kinerja, percepatan merit system dalam tata kelola SDM Aparatur,  menggelar uji publik Sekretaris Daerah, menerapkan sistem reward and punishment.

“Setiap ASN diukur kinerjanya melalui aplikasi dan hasilnya mempengaruhi besaran tunjangan yang diterima sebagai salah satu bentuk penghargaan”, terang Sutiaji.

Pria yang sangat concern pada perkembangan ekonomi kreatif tersebut juga menyinggung perkembangan teknologi informasi sebagai gerbang pembuka kemungkinan baru yang berkali-kali ditekankannya untuk disambut oleh seluruh jajaran Pemerintah Kota Malang.

Pekerjaan rumah mengintegrasikan berbagai inisiatif digital masih menjadi pekerjaan rumah, demikian berbagai kemudahan layanan online administrasi kependudukan, pembayaran pajak, perizinan, pengadaan barang dan jasa,  hingga marketplace lokal telah dapat dinikmati masyarakat dan meringkas banyak proses yang sebelumnya berbelit dan sulit.

Melalui berbagai upaya tersebut Kota Malang untuk pertama kalinya berhasil meraih predikat memuaskan/A dalam penilaian akuntabilitas kinerja Pemerintah Daerah yang hanya diberikan pada 11 dari 508 Kabupaten/Kota se Indonesia pada tahun 2020.   Pada tahun yang sama, Penilaian Reformasi Birokrasi dan Penerapan Merit System dari Pemerintah Pusat juga meningkat dan meraih predikat Baik.pan

Komitmen kuat dan pemimpin yang mempunyai keinginan untuk membawa birokrasi agar lebih maju tentu akan selalu mendorong terciptanya good governance dan clean government di lingkungan kerja masing-masing.  Pesan tersebut disampaikan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD, S.H., S.U., M.I.P. dalam Seminar Nasional Peningkatan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi di Jakarta, Rabu (1/12/2021).

“Birokrasi pemerintah sejatinya merupakan  mesin penggerak pembangunan dalam rangka mencapai tujuan bernegara yang pada akhirnya mewujudkan kesejahteraan masyarakat”, ungkap Mahfud MD.

Dalam seminar yang juga dihadiri oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Men PAN RB), Tjahjo Kumolo, Kota Malang mendapatkan kehormatan menjadi satu-satunya perwakilan Pemerintah Kabupaten/Kota yang diminta memaparkan best practices mendorong reformasi birokrasi di daerah yang dinilai baik.  Adapun dari perwakilan Pemerintah Provinsi hadir Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. (pan/riz/mc)

Di Posting : 1 Desember 2021

Berita Serupa

Politik
Bisnis
Olah Raga