Walikota Sutiaji Ajak Masyarakat Terbiasa Cinta Lingkungan

Kategori :
Penulis : Ilyasi
Bagikan :
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

MALANG PROKOTA.Com – “Memang ini istilahnya perlombaan, tapi sejatinya ini untuk pembiasaan. Jika sudah biasa buang sampah pada tempatnya, lingkungan bersih, ada biopori meskipun awalnya susah akan biasa. Ayo kita pertahankan,” ajak Walikota Malang Sutiaji.

Apresiasi positif disampaikan Walikota Malang, Drs. H. Sutiaji, kepada 15 pemenang Lomba Kampung Bersinar. Event tahunan yang digagas oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) ini diikuti oleh 128 RW di 44 Kelurahan se-Kota Malang.

Bertempat di Ruang Sidang Balai Kota Malang, Walikota Sutiaji berkesempatan menyerahkan penghargaan kepada para pemenang Lomba Kampung Bersinar. “Apapun hasilnya semua adalah menjadi pemenang. Mencari prestasi itu gampang, akan lebih sulit mempertahankan prestasi. Utamanya bagaimana prestasi itu bisa dikembangkan,” ucap orang nomor satu di Kota Malang itu, Kamis (18/11/2021).

Walikota Sutiaji juga berharap agar kedepan upaya positif mencintai lingkungan yang dilakukan masyarakat demi kebaikan bersama ini dapat terus dikembangkan.

“Kedepan, harapannya semakin tumbuh kembang dan subur di semua RW untuk cinta pada lingkungan, kebersihan. Kolaborasi swadaya dari masyarakat terbangun dengan baik, perilaku masyarakat sudah mulai tergerak pelan ya,” pungkasnya.

Sejalan, Kepala DLH Kota Malang, Wahyu Setianto, turut mengapresiasi partisipasi positif masyarakat Kota Malang dalam gelaran ini. “Mereka menunjukkan luar biasa, dalam hal menangani lingkungan. Baik itu masalah kebersihan, penghijauannya, pembuangan sampah dan lainnya. Dengan swadaya sendiri, tanpa APBD,” tuturya.

Dijelaskan juga, bahwa pihaknya akan terus berupaya melakukan bernagai pembinaan terkait hal ini. “Kami tetap mendorong itu, karena sebenarnya semua sama-sana bagus, namanya kompetisi pasti ada yang kalah dan menang. Dan ini tidak hanya selesai d isini, pembinaan-pembinaan terus kami lakukan di tahun 2022 dan seterusnya,” pungkasnya.

Adapun juara pertama dalam perlombaan kali ini diraih oleh Kelurahan Lesanpuro RW 07 dan mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan sebesar Rp 15 Juta, tropi, dan piagam. Kemudian disusul oleh Kelurahan Purwantoro RW 19, sebagai juara kedua dengan hadiah berupa uang pembinaan senilai Rp 12,5 Juta, tropi dan piagam. Sementara, juara ketiga dimenangkan oleh Kelurahan Tunjungsekar RW 01 dengan hadiah uang pembinaan sebesar Rp 10 Juta, tropi dan piagam.

Menanggapi suksesnya gelaran Lomba Kampung Bersinar ini, Walikota Sutiaji mengingatkan agar ajang ini menjadi pemacu semangat bagi masyarakat untuk terbiasa mencintai dan peduli akan lingkungan sekitarnya.

Dalam kegiatan ini, juga diserahkan hadiah berupa piagam penghargaan tingkat madya Program Kampung Iklim (Proklim) tingkat Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan kepada empat kelurahan. Diantaranya, Kelurahan Arjowinangun RW 05 dan Kelurahan Lesanpuro RW 07 Kecamatan Kedungkandang; serta Kelurahan Purwantoro RW 19 dan RW 05 Kecamatan Blimbing.

Selain itu, juga turut diserahkan penghargaan Program Kampung Berseri tingkat Provinsi Jawa Timur untuk Kelurahan Kiduldalem yang memperoleh predikat di tingkat Madya. Sedangkan dua wilayah lainnya yakni, Kelurahan Sukun dan Kelurahan Merjosari pada kategori tingkat pratama. (Ts/riz/hms)

Di Posting : 2 months Yang Lalu

Berita Serupa

Politik
Bisnis
Olah Raga