Walikota Sutiaji : Anak Harus Berani Jadi Agen Perubahan dan Bicara

Di Posting : 17 November 2021
Penulis : Ilyasi
Kategori :
Bagikan :
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Foto : Prokota.com

MALANG PROKOTA.Com – Walikota Sutiaji menekankan agar anak-anak melalui Forum Anak Kota Malang harus berani menjadi agen perubahan dan berani bicara menyampaikan aspirasinya. “Anak harus bisa dan berani menyampaikan pendapatnya bahkan anak juga harus berani melaporkan jika ada pelanggaran hak-hak anak di lingkungan sekitar mereka” ujar pria berkacamata tersebut.

Pernyataan tersebut disampaikan Walikota Malang, H. Sutiaji saat menyampaikan arahannya pada Bimtek KLA Bagi Anak Sebagai Pelopor dan Pelapor (P2) di Aula Kantor Kecamatan Kedungkandang hari Rabu (17/11).

Dalam arahannya Walikota Sutiaji berpesan agar Forum Anak dapat menjadi wadah dalam rangka pemenuhan hak partisipasi anak yang dibentuk secara berjenjang, mulai tingkat nasional, provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa/kelurahan dengan keanggotaan dari berbagai kelompok anak. “Peran dan kontribusi langsung dari anak-anak, juga sangat mendukung suksesnya pembangunan di Kota Malang” tegasnya.

Maksud dan Tujuan dilaksanakan Pelatihan anak sebagai Pelopor dan Pelapor (P2) ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman Forum Anak sebagai Pelopor dan Pelapor dilingkungannya dan Agen perubahan dalam pembangunan, sehingga Forum Anak diharapkan dapat menjadi orang yang bertahan dalam segala situasi dan kondisi serta mempunyai kemampuan yang dapat mambantu dan mengajak orang lain disekitarnya dapat turut serta dalam proses perubahan.

Pada kesempatan tersebut, perwakilan dari Forum Naka Kecamatan Kedungkandang juga menyampaikan 9 poin penting suara anak Kecamatan Kedungkandang sebagai ungkapan aspirasi mereka dalam rangka partisipasi pembangunan di Kota Malang. Aspirasi yang disampaikan terdiri dari percepatan proses pembuatan KIA; Peningkatan edukasi pernikahan dini, gizi buruk dan stunting; Penyediaan informasi layak anak di media sosial; Percepatan vaksinasi covid-19 bagi anak; Fasilitasi bidang pendidikan serta adanya kebijakan tersendiri terkait eksploitasi anak.

“Melalui kegiatan ini diharapkan Forum Anak sebagai mitra Pemerintah dalam menyelesaikan permasalahan anak, memiliki semangat menjadi Pelopor dan Pelapor sebagai bentuk partisipasi suksesnya pembangunan di Kota Malang” pungkas Sutiaji. (Ts/riz/hms)

Di Posting : 17 November 2021

Berita Serupa

Politik
Bisnis
Olah Raga