Walikota Sutiaji Apresiasi Lomba Cipta Olahan Pangan Lokal Non Beras dan Non Terigu, Dorong Sumber Pangan Beragam

Penulis : Ilyasi
Kategori :
Bagikan :
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Foto : Prokota.com

MALANG PROKOTA.Com – “Pertanian Meningkat Pangan Aman di Tengah Pandemi Krisis Global”. Peserta lomba sebanyak 54 stand yang berasal dari kelurahan-kelurahan di Kota Malang.

Walikota Malang, Drs. H. Sutiaji, hadir pada Lomba Cipta Olahan Pangan Lokal, yang digelar oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Malang, bertempat di Kartini Imperial Building, Kamis (11/11). Uniknya, olahan pangan yang dilombakan harus berbahan dasar non beras dan non terigu.

Lomba ini digelar masih dalam satu rangkaian Peringatan Hari Pangan Sedunia ke-41 yang bertema

Walikota Sutiaji turut mengapresiasi gelaran ini. “Ada hal yang bisa dikuatkan, yakni kreativitas. Selain untuk ketahanan pangan, juga pertumbuhan ekonomi dengan urban farmingnya yang luar biasa,” tambahnya.

Lomba ini juga dianggap mampu mendorong masyarakat dalam menciptakan dan mengembangkan produk pangan berbasis sumber daya lokal non beras dan non terigu.
Sekaligus sebagai wujud pola konsumsi yang beragam, bergizi seimbang, dan aman.

“Bahwa sumber protein tidak hanya beras dan terigu, tapi non beras dan non terigu banyak, serta menyehatkan. Untuk itu perlu ditegaskan, tidak perlu pusing terkait sumber pangan. Lahan di sekitar kita bisa dimanfaatkan, sepanjang kita mau,” ucap Walikota Sutiaji.

Terdapat tiga kategori olahan pangan yang dilombakan. Kategori Kudapan, juara I dimenangkan oleh Kelurahan Lowokwaru. Sementara Kategori Camilan, juara I diraih oleh Kelurahan Merjosari. Dan pada Kategori Minuman, juara I dimenangkan oleh Kelurahan Mulyorejo.

“Sebagai reward, bagi pemenang ke depan bisa diikutkan di ajang perlombaan yang tingkatnya lebih tinggi, supaya lebih bagus dan berkembang lagi,” pesan Walikota Sutiaji.

Dalam kesempatan tersebut, Walikota Sutiaji, bersama dengan Ketua TP PKK Kota Malang, Widayati Sutiaji, menyerahkan hadiah kepada para pemenang. Nampak hadir pula Wakil I Ketua TP PKK Kota Malang, Elly Sofyan Edi, dan Ketua Dharma Wanita Kota Malang, Yuni Erik Setyo Santoso.

Sementara itu, Plt. Kepala Dispangtan, Sri Winarni, berharap melalui kegiatan ini dapat memantapkan kemandirian pangan lokal dan pelestarian sumber daya alam serta di sisi lain dapat memiliki nilai jual.

“Dengan memanfaatkan hasil potensi alam terutama dari pekarangan atau urban farming. Yang menjadi pangan fungsional dan mengandung berbagai nutrisi dan memiliki nilai jual. Sehingga akan mampu meningkatkan kualitas konsumsi pangan masyarakat Kota Malang. Ini juga dalam rangka ikut mendorong pemulihan ekonomi nasional pascapandemi Covid-19,” urainya. (sfr/riz/hms)

Di Posting : 3 bulan Yang Lalu

Berita Serupa

Politik
Bisnis
Olah Raga