Walikota Sutiaji Ajak Masyarakat Disiplin Kesehatan Untuk Kurangi Resiko Penyakit Tidak Menular

Di Posting : 23 Juni 2021
Penulis : Ilyasi
Kategori :
Bagikan :
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Foto : Prokota.com

MALANG PROKOTA.Com – “Ini secara literatif mereka dipahamkan tata cara penanggulangan penyakit tidak menular, nanti kita viralkan ilmu yang didapat ke masyarakat luas,” tutur Walikota Sutiaji.

Guna mencegah resiko terkena PTM, Walikota Sutiaji mengajak untuk berperilaku disiplin dalam menjaga kesehatan. “Kuncinya untuk terhindar dari resiko penyakit tidak menular maupun penyakit menular adalah disiplin. Biasakan untuk disiplin,” pungkasnya.

Walikota Sutiaji juga mengingatkan perlunya kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan. Hal ini guna mendukung upaya pemerintah dalam memberikan jaminan kesehatan sebagaimana diamanatkan dalam undang-undang.

“Kesehatan masyarakat ini menjadi tanggung jawab negara, memberikan perlindungan untuk kesehatan masyarakat. Ini bukan tugas negara saja untuk pelaksanaan dan implementasinya masyarakat harus terlibat ikut mendukung,” ungkap Walikota Sutiaji.

Oleh karena itu Walikota Malang, Drs H. Sutiaji, mengajak masyarakat untuk menerapkan perilaku disiplin guna mencegah terkena resiko Penyakit Tidak Menular (PTM), pada Rabu (23/06). Hal ini disampaikan dalam kegiatan Pertemuan Posbindu (Pos Pembinaan Terpadu) PTM Bagi Petugas dan Masyarakat Kota Malang.

Bertempat di Atria Hotel Malang, kegiatan ini digelar oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, sebagai upaya pencegahan dan deteksi dini faktor resiko PTM. Sekaligus guna meningkatkan keterlibatan masyarakat, utamanya bagi Kader Posbindu guna meningkatkan peran sertanya dalam mengendalikan, mencegah, maupun mengurangi resiko terkena PTM.

Menurut Walikota Sutiaji, kegiatan ini menjadi upaya literatif yang harus diviralkan oleh peserta kepada masyarakat luas guna mengurangi angka kesakitan, kecacatan, maupun angka kematian akibat PTM di Kota Malang.

Sementara itu, Kepala Dinkes Kota Malang, dr. Husnul Muarif mengingatkan akan slogan kesehatan CERDIK, merupakan enam strategi yang dianjurkan guna mengurangi resiko terkena PTM. Diantaranya; Cek kesehatan secara rutin, Enyahkan asap rokok, Rajin beraktivitas fisik, Diet seimbang, Istirahat cukup, dan Kelola stress.

“Mudah-mudahan ini bisa kita laksanakan bersama, sehingga kita bisa mendeteksi diri kita, mencegah adanya resiko dan juga mencegah terkena PTM. Sehingga mengurangi resiko kematian,” ujar Husnul. (sfr/riz/hms)

Di Posting : 23 Juni 2021

Berita Serupa

Politik
Bisnis
Olah Raga