Gerakan Zakat Penguatan Komitmen Pemberdayaan dan Pengentasan Kemiskinan

Kategori :
Penulis : Ilyasi
Bagikan :
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

MALANG PROKOTA.Com – Dana zakat infaq dan sedekah dikelola oleh organisasi pengelola zakat (OPZ) disalurkan dalam berbagai macam bentuk program pemberdayaan masyarakat miskin, meliputi sektor ekonomi, pendidikan, kesehatan dan sosial kemanusiaan yang berhubungan dengan pembangunan nasional.

Asosiasi gerakan zakat Indonesia lewat forum zakat tersebut menggelar Musyawarah Nasional ke-9 di Malang, yang diikuti seluruh forum zakat dari seluruh Indonesia menjadi momentum untuk membicarakan adat gerakan zakat ke depan melalui penguatan komitmen pemberdayaan masyarakat, di Hotel Grand Tulip Holland Resort Batu. Kamis (3/6/2021)

Dengan menciptakan ekosistem gerakan zakat mendorong lahirnya kolaborasi pemberdayaan masyarakat di daerah.

Hal itu diungkapkan Wakil Presiden Republik Indonesia KH Ma’ruf Amin dalam sambutannya secara virtual itu mengapresiasi sangat tepat dan sesuai dengan kondisi aktual kebutuhan saat ini.

Selain itu beliau menambahkan dalam kondisi perekonomian sedang mengalami penurunan karena adanya pandemi covid 19,” peran zakat dapat menjadi salah satu alat untuk menahan penurunan daya beli masyarakat, peran ini seiring dengan berbagai bantuan sosial dikucurkan pemerintah selama masa pandemi.”harap Wapres.

Selain itu Musyawarah Nasional ke-9 forum zakat tersebut membawa kemanfaatan dan kesejahteraan bagi masyarakat Indonesia.

Sementara Ketua umum forum zakat Bambang Suherman mengatakan perlu adanya kolaborasi dan integrasi program antarpusat salah satunya kolaborasi antara negara dengan kegiatan pada sektor zakat.

“selama kurun waktu 2018-2021 zakat melakukan banyak upaya untuk mendukung agenda pembangunan nasional khususnya pada pengentasan kemiskinan. Tentu menguatkan peningkatan kompetensi dan kapasitas amil zakat serta pendampingan.”tegasnya .

Dilain pihak, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Provinsi Jatim – Dr Ardo Sahak, SE. MM, bahwa semua sudah bisa memahami bahwa Rizki kita itu adalah rizki orang lain yang membutuhkan, lembaga BAZNAS sembagai jembatan memberikan sosialisasi yang mempunyai rejiki lebih untuk membayar zakatnya, terkumpulnya zakat tersebut untuk pengentasan kemiskinan, pendidikan dan kesehatan untuk warga miskin.

“Dengan adanya MUNAS ini mudah mudahan melahirkan pengurus yang muda, nantinya bisa terus bersemangat dalam melakukan gerakan Amil Zakat dan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat khususnya yang ada di Jawa timur dan masyarakat disuluruh Indonesia.” tandasnya optimis. (yas/riz)

Editor: Doddy Rizky

Di Posting : 8 months Yang Lalu

Berita Serupa

Politik
Bisnis
Olah Raga