Peluncuran Buku untuk Hari Pers Nasional 2021

Di Posting : 11 Februari 2021
Penulis : Doddi Risky
Kategori :
Bagikan :

Foto : Prokota.com

MALANG PROkOTA.Com – Peluncuran buku terbitan Tiga Serenada Publisher hari ini (11/02) mendapatkan sambutan luar biasa. Komisaris Tiga Serenada, Siswantini Amihardja menyampikan banyak terimakasih kepada parapembicara, penulis, dan para peserta peluncuran sekaligus bedah buku.

“Tiga Serenada berkomitmen memfasilitasi siapapun yang ingin menulis, demi gerakan literasi di Indonesia. Dan kami persembahkan buku ini tepat pada hari Pers Nasional 2021.” Kata Siswantini Amihardja yang sekaligus sebagai editor buku ini, dosen BINUS Jakarta.Sesi pertama dibuka oleh host, Theresia Diyah Wulandari, editor buku ini – dosen Universitas Atma Jaya Yogjakarta dengan mengenalkan profil pemantik diskusi Arif Zulkilfi, Wakil Ketua Dewan Pers.

“Setelah saya membaca artikel-artikel dalam buku ini, saya menemukan lima topik besar yang diperbincangkan para penulis; profesionalisme, manajemen media massa, interaksi media massa dan media sosial, konglomerasi media, dan persan dewan pers sebagai lembaga etik.” Papar bang Zul, panggilan akrab Arif Zulkifli.

Sesi diskusi diawali dengan pemaparan pembedah buku, Sapto Anggoro, CEO Tirto.ID dan Budiman Tanuredjo VP Nasional News Grup Gramedia-Kompas.

Sapto Anggoro salah satu pendiri Tirto.ID menyatakan buku ini menarik, walaupun masih banyak menyampaikan keresahan para akademisi tentang hal-hal yang terjadi pada media massa saat ini. Sapto juga menyinggung beberapa tulisan yang ada di buku Esai Pengalaman: Merangkai Asa untuk Media Massa.

Sementara Budiman mengatakan, “Kekuatan personal kedepan akan mengubah wajah pers Indonesia dan akan mengimbangi industri,” Lebih lanjut Budiman mengungkapkan keprihatinan di era pandemi, “apakah ini sebuah era berakhirnya media sebagai voice of democracy?”

Diskusi semakin seru hingga moderator Lintang Ratri Rahmiaji yang juga sebagai editor buku ini, dosen UNDIP menambah waktu untuk sesi tanya jawab.

Launching dan Bedah Buku yang dilaksanakan oleh Tiga Serenada Publisher kerjasama dengan Univesritas Katolik Indonesia Atma Jaya, menghadirkan tiga penulis mewakili 32 penulis yang menyumbangkan tulisannya, Sunarto (Undip), Nina Mutmainnah (UI), dan Andina Dwifatma (Unika Atma Jaya).

“Kami para editor dan penerbit merasa bersyukur dengan terkumpulnya tulisan para dosen komunikasi dari 24 perguruan tinggi ini. Semoga bermanfaat untuk memantik diskusi lebih lanjut tentang media massa di Indonesia.” Komentar Frida Kusumastuti, dosen Universitas Muhammadiyah Malang yang sekaligus sebagai editor buku ini. (fri/dr)

Di Posting : 11 Februari 2021

Berita Serupa

Politik
Bisnis
Olah Raga