Pohon Pule Obat Anti Kanker Dan Diabetes, bisa Jadi Untuk Covid-19? Sofyed Dan GM FKPPI Bakal Kembangkan Herbal Pule? Mari lihat Apa Yang dilakukan

Penulis : Doddi Risky
Kategori :
Bagikan :
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Foto : Prokota.com

MALANG PROKOTA.Com – D’Pule News coba menelusuri dan mengkonfirmasi, termasuk respon masukan yang dibeberkan D’Pule News pada tulisan bahwa potensi pohon Pule dari akar, batang dan daunnya mengandung obat untuk sembuhkan penyakit, radang, malaria, diabetes, kanker dan konon bisa untuk melawan covid- 19.

Saat Sofyan Edi Jarwoko yang juga Wakil Walikota Malang yang punya niat iklas shodakoh Oksigen sekaligus lakukan penghijauan guna memelihara sumber- sumber mata air untuk menghasilkan udara bersih demi anak cucu diBhumi Arema itu ingin simpel saja, kami berikan bibit pohon pule untuk dirawat agar bisa memetik manfaatnya Kelak.

“Kami tanam secara simbolis lalu kami serahkan ke RW-RW, kelurahan, lima kecamatan secara bertahap dan kekomunitas yang ada secara bertahap dari 10 ribu bibit pohon untuk ditanam secara merata difasum ditengah hunian warga yang ada di Bhumi arema, soal apa yang akan dikembangkan kedepan dengan pohon pule itu nantinya ya terserah warga dan komunitasnya, terutama wilayah yang sudah ditanami pohon pule, misal mau dikembangkan jadi kampung tangguh ditengah pandemi, bukan saha disp logistik bahan makanan, tapi juga siap jamu herbal dengan bahan tanaman obat seperti pohon pule itu dicampur dengan hasil Toga, bisa juga disinergikan dengan bahan lokal yg sudah diujicobakan menjadi minuman kesehatan seperti minuman sehat Bunga Telang karya RW 05 Perum Cempaka Putih Arjowinangun kec kedungkandang bisa jadi rujukan dan percontohan maupun konsultasi kelurahan lainnya di Bumi Arema,”

Untuk GM FKPPI kedepan mau mengembangkan apa dikebun Pule dimana Ribuan Pule dipelihara ? lanjut Sofyed ,sapaan akrab Wawali Sofyan Edi Jarwoko ketua DPD Partai Golkar Kota Malang itu secara diplomasi mengarahkan untuk beraudensi dengan pengawal dan pemelihara Pohon Pule dari hulu hingga kehilir, “artinya mulai pemetaan hingga menyiapkan untuk penanaman sesuai permintaan warga adalah Generasi Muda FKPPI Kota Malang, apakah di kebun Pule tersebut bakal dikembangkan menjadi kebun wisata petik pule hingga bisa menyeduh jamu herbal Pule ? atau bikin pasukan jamu gendong wow ? prestisius, insya allah terwujud apalagi demi kesehatan semua warga bhumi arema dan memantafkan gerakan sodakho oksigen untuk anak cucu kita , silakan diacarakan dengan GM FKPPI,” tandas Sofyed optimis.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pohon pule adalah jenis pohon yang banyak digunakan untuk penghijauan karena mempunyai daun rimbun dan tumbuh tinggi menjulang. Pohon ini dapat dikatakan sebagai pohon tropis karena sebagian besar sebarannya ditemukan di kawasan hutan hujan tropis, khususnya Asia Tenggara.

Pohon pule dikenal karena aroma bunganya yang khas. Bahkan, tak sedikit orang yang mengidentikkan pohon ini sebagai pohon angker. Padahal, pohon satu ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan.
Tak hanya bermanfaat secara estetika, pohon pule juga dikenal sebagai tanaman herbal untuk kesehatan. Hal ini tak lepas dari kandungan yang terdapat di dalamnya.

Sejak ratusan tahun silam, pohon pule ternyata sudah dimanfaatkan untuk pengobatan Ayurveda, yaitu salah satu metode pengobatan tradisional tertua di dunia yang berasal dari India.

Tidak hanya daunnya, karena batang, getah, dan bunga pohon ini pun dimanfaatkan dalam proses pengobatan herbal. Sebab, tanaman pule diketahui mengandung alkaloid, saponin, steroid, dan flavonoid yang sangat bermanfaat untuk tubuh.

Tak hanya itu, berdasarkan penelitian, pohon pule juga mengandung senyawa aktif seperti echitanine, echitamine, dan ditamine yang bisa digunakan sebagai alternatif dari kina.

Seperti yang diketahui, kina merupakan tanaman yang berperan sebagai bahan obat malaria. Sementara kandungan senyawa lainnya yang bisa ditemukan dalam pohon pule adalah pikrinin, tetrahidroalstonin, akuammidine (rhazine).

Manfaat
Berbagai senyawa yang terkandung di dalam pohon pule menjadikannya sangat bermanfaat untuk digunakan sebagai tanaman herbal. Beberapa manfaat pohon pule bagi kesehatan manusia adalah sebagai anti-bakteri, anti-kanker, anti-radang, anti-diabetes.

Tak hanya itu, pule juga memberi efek analgesik atau pereda nyeri. Berikut ulasan selengkapnya:

1. Menetralisir Kadar Gula Darah
Kadar gula di dalam darah yang melebihi kadar normal dan sering disebut sebagai diabetes merupakan kondisi medis berupa gangguan metabolisme yang menyebabkan hiperglikemia.

Pohon pule mengandung botulin dan lupeol asetat yang ternyata bermanfaat sebagai senyawa anti-diabetes. Sebab, kedua zat ini mampu menurunkan kandungan gula darah sekaligus menjaga kesehatan pankreas.

2.Menekan Risiko Kanker
Kanker adalah salah satu jenis penyakit berupa pertumbuhan sel yang tidak terkendali sehingga merusak metabolisme tubuh. Nah, pohon pule ternyata memiliki senyawa anti-kanker atau senyawa yang mampu menghambat atau mematikan sel kanker.

Beberapa kandungan yang berguna diantaranya adalah alkaloid dan triterpene yang memiliki aktivitas apoptosis atau mematikan sel kanker dan bersifat meningkatkan pertahanan tubuh (immunomodulatori).

3. Menghambat Pertumbuhan Bakteri
Pada umumnya, infeksi bakteri pada manusia dapat menyebabkan timbulnya berbagai jenis penyakit, seperti misalnya TBC, diare, ataupun penyakit kulit. Pohon pule dikenal akan kandungan butanol yang cukup kuat pada kulit batangnya sehingga mampu menghambat bakteri Strain M. Tuberculosis (TBC) yang sensitif dan resisten.

Tak hanya itu, pohon ini bahkan memiliki 70 jenis senyawa alkaloid yang sebagian besar terletak pada daunnya. Senyawa ini berperan sebagai anti-bakteri yang dikatakan mampu menghambat dan membunuh bermacam-macam bakteri yang membahayakan kesehatan.

4. Menangkal Radikal Bebas
Radikal bebas adalah senyawa yang mampu menyebabkan berbagai penyakit degeneratif. Untuk menanggulangi semua risiko tersebut memang diperlukan anti-oksidan yang berperan dalam menangkal segala radikal bebas sehingga kesehatan sel terjaga dengan baik.

Daun pohon pule mengandung anti-oksiden yang berbentuk senyawa saponin, terpenoid, alkaloid, fenolik, tanin, flavonoid, steroid, dan glikosida. Tak hanya itu, batang dan getahnya pun terbukti efektif dalam menangkal radikal bebas yang merugikan tubuh.

Kandungan etanol yang tinggi juga jadi kunci dari sekian banyak manfaat pohon pule. Ekstrak etanol ini banyak ditemukan pada bagian daunnya. Tak heran, jika daun pule sering dijadikan minyak esensial, ramuan, tonik hingga pasta untuk kepentingan pengobatan. (dr/tok/berbagai sumber)

Di Posting : 16 Januari 2021

Berita Serupa

Politik
Bisnis
Olah Raga