Wawali Dorong Pasar Tradisi Ubah Image Pusat Inovasi pedagang dan Warga

Kategori :
Penulis : Doddi Risky
Bagikan :
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

MALANG PROKOTA.Com – Luar biasa manfaat menanam pohon, mungkin tidak bisa langsung dirasakan dalam waktu singkat. Namun di masa depan, usaha ini akan sangat berguna bagi anak cucu kelak. Selain memiliki manfaat untuk menjaga sumber mata air, adanya pepohonan juga bisa membuat anak cucu bisa tumbuh di lingkungan dengan udara yang bersih dan bebas dari polusi.

“Memanfaatkan lahan dengan taman Pule beserta gazebo bisa merubah image pasar bukan sekedar tempat belanja kebutuhan dapur, tapi bisa jadi pusat informasi dan komunikasi, warga sekitar terutama anak mudanya bisa manfaatkan WiFi untuk berinovasi, misal info khasiat dan manfaat Pule, insha allah, pagi, siang, sore dan malam pasar sukun tetap ramai karena ada taman Pule,” ungkap Wawali Sofyan Edi yakin.

aksi penghijauan berupa penanaman bibit Pule yang kembali dilakukan Wawali Softan Edi Jarwoko bersama AmPG, UBKM, FKPPI dan jajaran pasar Sukun Camat serta Anggota Dewan Dapil Sukun, kecamatan Sukun Rabu (30/12/2020) untuk lakukan penanaman di areal Pasar Sukun yang masih ada ruang terbuka hijau.

“Perlu diketahui sudah tertanam 2930 yang nantinya ribu lebih bibit pohon Pule telah dipersiapkan oleh Pemkot Malang dalam turut mendukung program menghijaukan kembali Kota ini. Saya berharap setelah penanaman ini jajaran Pasar Sukun bisa merawat serta kalau bisa membudidayakan pohon Pule ini kelingkungan pasar .” ungkapnya.

Lebih lanjut Bung Edi (sapaan akrab Sofyan Edi Jarwoko) mengatakan, selain sebagai penghijauan, pohon Pule juga dipercaya sebagai obat herbal yang mampu menurunkan demam.

“Ayo para jajaran pasar tradisional Sukun kelurahan Sukun kecamatan Sukun bersama sama secara iklas ikut menjaga dan memelihara pohon pule yang kita tanam ini, Nanti kalo pohonnya sudah besar, harganya juga mahal itu bisa bermanfaat untuk obat. kemarin mendorong kami membuat gerakan menghijaukan Bhumi Arema10 ribu bibit pohon Pule untuk mempertahankan sumber air demi anak cucu kita di Bhumi Arema, untuk melihat pohon pule yang silakan ke jalan veteran, disepanjang jalan itu tumbuh besar agar udara bersih dari polusi” papar Bung Edi.

“Terlebih, saat ini kita memasuki musim penghujan, sehingga dibutuhkan banyak pohon untuk menjadi resapan air yang dapat menghindarkan kita dari banjir, untuk ajak generasi penerus untuk mencintai tanaman herbal tersebut ,” imbuhnya.

Sementara kepala Pasar Sukun Agus N Saicu berharap, agar gerakan penghijauan di Pasar Tradisional Sukun tersebut dapat memberikan dorongan warga untuk ramai ramai berbelanja ke pasar Tradisonal Sukun,bisa online dan,” kelak bisa langsung usai covid. selain itu taman pule bisa jadi pusat edukasi secara dini bagi anak-anak bisa bermain dan belajar ditaman bermain sambil menunggu orangtuanya belanja ,untuk remajanya bisa nyaman disalah satu lahan jadi pojok Wifi untuk melakukan inovasi terlebih saat ini anak-anak masih dalam posisi belajar secara daring.(riz/tok)

Di Posting : 30 December 2020

Berita Serupa

Politik
Bisnis
Olah Raga