Seminggu Tak Ada Kasus Positif COVID-19, Empat Daerah di Jawa Timur Masuk Zona Kuning

Kategori : ,
Penulis : Muhammad
Bagikan :
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Foto : Prokota.com

SURABAYA PROKOTA.COM – Jawa Timur merupakan zona merah penyebaran COVID 19. Hanya saja ada empat daerah yang masuk zona kuning COVID 19. Artinya
zona kuning adalah zona risiko rendah Covid-19, di mana dalam sepekan terakhir tidak terjadi penambahan pasien positif Covid-19 di daerah dimaksud.

Hal itu diungkapkan secara langsung oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. Adapun empat daerah yang dimaksud adalah Kabupaten Lumajang, Kabupaten Ngawi, Kota Madiun, dan Kota Blitar.
“Berdasarkan pemetaan dari BNPB dan Gugus Tugas Covid-19 pusat, ada empat daerah di Jawa Timur yang sudah masuk zona kuning,” ujar Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Minggu (7/6/2020).

Khofifah mengatakan empat daerah tersebut dikatakan resiko rendah karena dalam seminggu terakhir tidak ada temuan konfirmasi positif baru.

Selain zona kuning, kata Khofifah di Jatim juga terdapat 19 daerah yang masuk zona orange.

Area masuk zona orange adalah daerah yang berdekatan dengan zona merah Covid-19. Hanya saja, tingkat penyebaran Covid-19 didaerah tersebut tidak separah di daerah zona merah, yang penularan Covid-19 sudah tidak terkendali.

Adapun 19 daerah di Jatim yang masuk zona orange adalah Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Tulungagung, Kota Batu, Kota Mojokerto, Kabupaten Jombang, Kabupaten Madiun, Sumenep, Kota Pasuruan, Kota Malang, Kota Probolinggo, Kabupaten Ponorogo, Banyuwangi, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Trenggalek, Kota Kediri, Probolinggo, dan Pacitan.

Sedangkan 15 daerah sisanya masih masuk zona merah Covid-19.

Untuk diketahui, jumlah total pasien positif Covid-19 di Jawa Timur mencapai 5.940 orang, dengan 3.875 orang atau 65,25 di antaranya masih menjalani perawatan. Itu setelah hari ini ada tambahan 105 pasien positif Covid-19. Adapun, total pasien sembuh di Jatim sebanyak 1.449 orang, atau setara 25,24 persen dari total kasus.

Sementara, total pasien positif Covid-19 yang meninggal di Jatim sebanyak 502 orang, atau setara 8,49 persen dari total kasus. Kemudian untuk jumlah PDP di Jatim sebanyak 7.343 orang.

Saat ini, masih pengawasan dilakukan terhadap 3.437 pasien atau setara 46,81 persen dari total PDP. Jumlah orang dalam pemantauan atau ODP kini sebanyak 25.516 orang dan yang masih dalam pantauan sebanyak 3.956 orang atau 15,50 persen dari total ODP. (*)

EDITOR : Agus Prasetyo

Di Posting : 7 June 2020

Berita Serupa

Politik
Bisnis
Olah Raga