Menko PMK : Kampung Tangguh di Kota Malang Layak Dijadikan Percontohan Nasional

Kategori : ,
Penulis : Doddi Risky
Bagikan :
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

MALANG PROKOTA.COM – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Republik Indonesia Muhadjir Effendy menyempatkan sidak ke Kampung Tangguh di RW 05 Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing Kota Malang, Rabu (3/6/2020). Ini dilakukan sebagai bentuk monitoring dalam rangka kesiapsiagaan pencegahan penyebaran wabah COVID 19.

Dalam kesempatan itu, Muhadjir memuji keberadaan Kampung tangguh tersebut dan mengapresiasi layak dijadikan sebagai kampung tangguh percontohan di Indonesia.

Mantan Rektor UMM tersebut bukan hanya meninjau ketersediaan pangan dan budidaya lele. Tapi juga fasilitas mlijo gratis yang diadakan oleh warga sekitar.

Tak hanya itu, Muhadjir juga mengecek kesiapan rumah isolasi serta simulasi pemulasaraan jenazah covid-19 disana.

“Saya sudah pantau lingkungan disini yang sangat bagus. Sehingga, bisa jadi sebuah desiminasi,” ujar Muhadjir kepada awak media.

Muhadjir berharap kemandirian Kampung Tangguh tersebut, bisa ditiru oleh kawasan lainnya.

“Jika nanti kelurahan di Kota Malang bisa mendirikan kampung serupa, setidaknya 50 persen saja, bisa menunjukkan adanya revolusi mental yang baik di sini,” beber dia.

Sehingga, kampung tersebut bisa jadi contoh untuk kawasan lainnya, tidak hanya di Malang, namun juga di Indonesia. Untuk itu, pihaknya akan menerjunkan tim khusus yang akan mempelajari pola kampung tersebut.

“Nanti, saya akan terjunkan tim untuk mempelajari pola kampung tersebut. Kemudian, akan ditularkan secara masif di tempat lainnya,” tandas mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (*)

EDITOR : Agus Prasetyo

Di Posting : 3 June 2020

Berita Serupa

Politik
Bisnis
Olah Raga