KLHK Gandeng Komisi VII DPR RI Serahkan 40 Gerobak Motor Sampah KaderLing Binaan DLH

Kategori :
Penulis : Doddi Risky
Bagikan :
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Foto : Prokota.com

MALANG PROKOTA.Com- Ungkapan syukur disampaikan Rahmat Hidayat ST ML Kabid Bina Kemitraan dan Pengendalian Lingkungan DLH Kota Malang usai mewakili Kepala DLH Dra Rinawati MM hadiri penyerahan bantuan grobak sampah motor untuk 24 kader lingkungan (kaderling) binaan DLH Kota Malang Dari Anggota DPR RI Komisi VII bersama KLHK.

“Semoga bantuan grobak motor sampah pada kader lingkungan binaan Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang ini makin meningkatkan kinerja kaderling dalam memelihara dan menjaga lingkungan serta memotivasi warga untuk prolingkungan menuju kota malang bebas sampah plastik 2025,” ujar Rahmat.

Perlu diketahui kegembiraan terpancar dari warga Malang binaan Dinas Lingkungan Hidup kota Malang saat menerima bantuan motor pengangkut sampah roda tiga di Hotel Atria Malang, Rabu, (20/Per11/2019). Sebanyak 40 unit motor bantuan ini, diserahkan langsung oleh Anggota Komisi VII DPR RI Moreno Soeprapto.

“Program dari Kementerian Lingkungan Hidup bersama DPR RI. Ini diserahkan ke teman – teman di kelurahan. Memang tidak semua, tapi semangatnya adalah bagaimana masyarakat semakin aktif ikut menjaga kebersihan lingkungan,” kata pria yang juga mantan pembalap mobil nasional ini.

Ia lebih jauh menambahkan, Malang yang dikenal sebagai kawasan wisata tentu memiliki volume sampah lebih banyak ketimbang daerah lainnya. Untuk itu, ia ingin tidak ada lagi masyarakat yang melakukan kebiasaan membuang sampah ke sungai atau ke jalan.

“Salah satu alasannya penyerahan bantuan karena wilayah ini merupakan kawasan pariwisata. Dengan motor sampah ini, harapan kita dapat mengurangi polusi sampah.  Ya minimal di tiap RT/RW kesadaran tidak membuang sampah sembarangan semakin membudaya,” paparnya

Lanjut dia, bantuan motor sampah ini juga diharapkan mampu sejalan dengan visi Bank Sampah dalam mengurangi polusi limbah sampah rumah tangga. Sehingga nantinya potensi pengolahan sampah bisa berjalan maksimal.

“Kita fokus kepada masyarakatnya juga bisa bersinergi dengan bank sampah,” tutur anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra tersebut.

Terpisah Direktorat Pengolahan Sampah KLHK Agus Saifudin juga berharap keberadaan motor sampah ini dapat menjangkau pengangkutan sampah hingga ke kampung-kampung.

“Untuk Kota Malang sendiri mendapat jatah 24 motor. Sementara Kabupaten Malang mendapat bagian 16 motor,” terangnya dalam acara penyerahan bantuan motor sampah sekaligus sosialisasi pengembangan bank sampah ini.

Saat ini, lanjut dia, permasalahan sampah memang seolah tidak pernah ada habisnya. Dari pemerintah pusat maupun daerah, terus memberikan perhatian agar sampah juga bisa dikelola dengan baik dan menghasilkan keuntungan.

“Upaya ini terus di perkuat oleh KLHK, salah satunya melalui pengolahan melalui bank sampah. Untuk di kota Malang memang pengelolaan bank sampah sudah cukup bagus, terbukti sudah ada bank sampah induk di Sukun,” tandas dia. (*)

Di Posting : 20 November 2019

Berita Serupa

Politik
Bisnis
Olah Raga