Dua Penghargaan Plakat dan Sertifikat Penghargaan Pengurangan Sampah yang Masuk 11 Besar Sudah diserah Terimakan ke Walikota Malang

Penulis : Doddi Risky
Kategori :
Bagikan :
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Foto : Prokota.com

MALANG PROKOTA.Com Penghargaan terhadap Kota Malang, salah satu dari 11 kota dan kabupaten se Indonesia perihal moncer lakukan pengurangan sampah hingga 30% dan penanganan sampah hingga 70% dengan target 2025. “Pemberian penghargaan untuk kategori pengurangan sampah dan penanganan ini untuk yang pertama kali digelartahun 2019 dan Pertama kami raih, semoga jadi motivasi Kota Malang melalui Dinas Lingkungan Hidup lebih all out lagi lakukan pengurangan sampah dan penanganan sampah sesuai target 2025 tercapai. “Ungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup kota Malang drs. Agoes Edy Poetranto MM, nyakin, disela ikuti penandatangan Lelang Kinerja di Ruang sidang Balaikota 16/1/19.

Lanjut mantan Kasatpol PP itu menjelaskan kalau dua penghargaan Plakat dan Sertifikat penghargaan Pengurangan sampah yang masuk 11 besar Nasional itu sudah diserah terimakan serta laporkan ke Walikota Malang Sutiaji secara runtut bersama jajarannya, ” Alhamdulilah disambut dengan bangga dan hangat, Insya Allah tahun 2019 bisa meraih supremasi Lingkungan Hdup, serta bisa pertahankan penghargaan pengurangan sampah 30% dan Oenangan sampah 70% hingga target tahun 2025 tercapai, dengan catatan dijajaran DLH SDM , anggaran dan sanpras memadai, “pungkasnya optimis.

 

Seperti diketahui bahwa Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyerahkan penghargaan Adipura, Senin (14/1/2019). Penghargaan ini merupakan program nasional yang dilaksanakan setiap tahun.

 

Dalam keterangan tertulis yang diterima wartawan , bahwa pemberian Adipura bertujuan untuk mendorong kepemimpinan pemerintah kabupaten/kota dan membangun pasrtisipasi aktfi masyarakat dan dunia usaha dalama mewujudkan kota yang berkelanjutan.

Salah satu kriteria penilaian dalam penghargaan Adipura adalah implementasi atas amanat UU Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah, yaitu upaya dan hasil dalam memenuhi target nasional pengelolaan sampah, dengan persentase pengurangan sampah sebesar 30 persen dan penanganan sampah sebesar 70 persen pada 2025

Selain itu adanya upaya upaya untuk mendorong penerapan sistem pengelolaan sampah secara terpadu mulai dari hulu sampai dengan hilir di setiap kabupaten/kota.‎

Pada awal 2019 Pemerintah melalui Kementerian LHK memberikan anugerah Adipura periode 2017-2018 kepada 146 penerima penghargaan.

 

Dari jumlah tersebut terbagi menjadi lima kategori yakni satu penghargaan Adipura Kencana, 119 Adipura, 10 Sertifikat Adipura, 5 Plakat Adipura, serta Penghargaan Kinerja Pengurangan Sampah kepada 11 kabupaten/kota.

Kementerian LHK juga memberikan penghargaan Green Leadership Award bertajuk Anugerah Nirwasita Tantra untuk periode 2018.

Penghargaan ini diberikan kepada 3 Gubernur, dan 6 Wali Kota, serta 6 Bupati. Selain pemimpin daerah, penghargaan ini juga diberikan kepada Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) yakni 3 DPRD Provinsi dan 10 DPRD Kabupaten/Kota.(*)

Di Posting : 16 January 2019

Berita Serupa

Politik
Bisnis
Olah Raga