Tingkatkan Pelayanan Publik, PDAM Kabupaten Malang Tempati Gedung Baru Senilai Rp 10 M

Penulis : Ilyasi
Kategori :
Bagikan :
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Foto : Prokota.com

PROKOTA MALANG – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Malang semakin mantab untuk merealisasikan target 120 ribu pelanggan pada tahun 2018. Ini tidak terlepas dengan semangat baru lantaran PDAM kini memiliki gedung baru yang sangat mewah.

Senin (29/10/2018) gedung tiga lantai yang menghabiskan anggaran 10 miliar itu
diresmikan Plt Bupati Malang HM Sanusi.

Direktur Utama PDAM Kabupaten Malang Syamsul Hadi mengatakan keberadaan gedung baru ini menjadi kebutuhan. Sebab gedung yang lama yang satu lantai yang dijadikan sebagai kantor pusat kurang memadai. Apalagi jumlah karyawan yang bekerja di direksi sebanyak 121 orang.

Sehingga dengan gedung baru ini, semua pusat pengendalian bisnis PDAM ada di kantor pusat.

Hal itu berdasarkan keputusan Bupati Malang Nomor: 188.45/34/KEP/35.07.013/2018 tentang Pengesahan Rencana Kerja dan Anggaran PDAM Kabupaten Malang tahun anggaran 2018. “Dikantor ini fasilitas permintaan informasi pelanggan, pelayanan pengaduan dan pembayaran rekening air bisa dilayani,” ujar Syamsul seusai peresmian kepada awak media.

Sedangkan untuk anggaran pembangunan gedung PDAM dilakukan secara multiyears. Yakni dua tahun. Total biaya sebesar Rp 10 miliar.

Sumber dananya berasal dari anggaran mandiri PDAM Kabupaten Malang sebesar Rp 5,3 miliar (2017) dan Rp 4,6 miliar (2018).

Sedangkan terkait pelayanan masyasrakat atas air minum, kata Syamsul, PDAM Kabupaten Malang menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001. Standar ini diterapkan PDAM dalam membangun infrastruktur, human capital management, hingga membangun teknologi informasi terintegrasi.

Teknologi informasi terintegrasi yang dimaksud adalah dengan membuat aplikasi pembayaran online. Tujuannya, temtunya pelanggan dapat membayar tagihan di seluruh Indonesia. Jadi tidak harus ke kantor PDAM.

Tak hanya itu, lanjut Syamsul sistem pembacaan meter air online agar tagihan rekening sesuai dengan pemakaian. PDAM juga menggunakan SMS Gateway melalui SMS center ke nomor 08113660000 dan Sistem Informasi Manajemen.

Syamsul menegaskan ada inovasi lain yang dimiliki PDAM Kabupaten Malang adalah SIM-BAH. Layanan atau aplikasi proses Hibah Air Minum. Disisi lain, PDAM juga menerapkan sistem e-Absensi. Jadi sistem kehadiran pegawai online.

Belum lagi, PDAM menggunakan SIKOMPAK. Yaitu sistem komputer akuntansi. Lalu Web-GIS yang berupa sistem informasi geographyc berbasis web yang tergabung dalam E-Layanan PDAM Kabupaten Malang. “Jadi semua sistem layanan ini untuk mempercepat proses. Sehingga meningkatkan layanan kepada konsumen,” tandas dia. (*)

Di Posting : 29 Oktober 2018

Berita Serupa

Politik
Bisnis
Olah Raga