Wali Kota Malang H. Sutiaji Resmi Kukuhkan TP PKK Kota Malang

Kategori :
Penulis : Doddi Risky
Bagikan :
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

PROKOTA MALANG – Tim penggerak Pembinaan Kesehatan Keluarga (PKK) Kota Malang periode 2018 – 2023 resmi dikukuhkan.
Pengukuhan tersebut dilakukan Wali Kota Malang di Hotel Gajah Mada, Senin (8/10/2018).

Setelah resmi dikukuhkan, tim penggerak PKK Kota Malang langsung menyiapkan beberapa program untuk pemberdayaan wanita di Kota Malang.

Usai resmi dikukuhkan, beberapa hal langsung menjadi perhatian bagi tim penggerak PKK.

Namun, sebagai langkah awal, tim penggerak PKK Kota Malang akan langsung menjalankan tugas struktural terlebih dahulu. Hal itu untuk mensinkronkan program tim penggerak PKK Provinsi Jatim dan pusat.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Malang, Widayati menjelaskan, tim penggerak PKK merupakan mitra pemerintah. Untuk itu, tim PKK akan bersinergi dengan pemerintah untuk bisa membantu mengembangkan potensi Kota Malang. “Langkah awal kami akan menjalankan program terstruktur terlebih dahulu dan akan kami bagi di lima bidang mulai umum, pokja satu sampai lima. Setelah itu, kami akan mulai masuk kepada program lain. Salah satunya adalah pengembangan UMKM di Kota Malang,” ujar Widayati Senin (8/10/2018).

Lanjutnya lebih jauh , Widayati menilai pengembangan sektor UMKM akan memberikan efek luar biasa. Salah satunya adalah bisa membuka lapangan kerja baru.
Untuk itu nantinya tim penggerak PKK juga akan turut membantu mensukseskan upaya pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di kota Malang. “Paling tidak ibu rumah tangga bisa mendapat penghasilan tambahan dari pengembangan sektor UMKM. Sebab, UMKM bisa menyentuh area-area yang kurang bisa dijangkau oleh perusahaan besar,” bebernya.

Maka dari itu, kata Widayati, dirinya meyakini bahwa UMKM bisa menjadi bidang yang bisa menghasilkan pemasukan daerah yang potensial. Sehingga, untuk benar-benar bisa mendapatkan hasil yang maksimal tentunya diperlukan komitmen untuk bisa terus mengembangkan sektor UMKM di Kota Malang.

Tak hanya itu saja, di Kota Malang akan ada mal khusus untuk menjual produk hasil UMKM kota Malang. Sehingga nantinya untuk para wisatawan yang berkunjung ke kota Malang tidak perlu lagi kesulitan untuk mencari lokasi untuk berbelanja oleh-oleh khas kota Malang. “Kebetulan pak wali kota memang ingin membuat suatu tempat untuk display UMKM yang ada di Kota Malang. Termasuk juga di dalamnya nanti akan ditunjukkan proses pembuatanya dari awal di tempat tersebut. Semoga saja rencana tersebut bisa segera terealisasi,” tutur dia.

Sementara itu, Wali Kota Malang, Sutiaji menjelaskan tim PKK merupakan mitra dari pemerintah. Oleh karenanya, nantinya dalam menjalankan tugasnya, tim penggerak PKK harus bisa berkoordinasi serta bersinergi dengan pemerintah dalam hal ini dinas-dinas terkait.

Sehingga, program yang sudah dicanangkan bisa benar-benar berjalan sesuai dengan harapan. “Kami berharap tim PKK ini benar-benar menjadi mitra pemerintah. Sehingga nantinya kolaborasi pemerintah dan tim PKK bisa membangun kota Malang menjadi lebih baik,” jelas pria asal Lamongan ini.
Selain itu, ia juga menambahkan, di era teknologi yang semakin maju seperti saat ini, perlu pihak yang bisa memberikan filter informasi.

Maka dari itu, peran dari tim penggerak PKK dalam mengedukasi masyarakat terutama kaum ibu menjadi benteng pertama bagi anak-anak terhadap informasi yang kurang bermanfaat. “Jangan mudah termakan media sosial yang belum tentu kebenaranya. Justru seharusnya perkembangan teknologi ini membangun peradaban informasi yang baik, terutama bagi anak-anak sebagai penerus masa depan bangsa,” tandas dia. (*)

Di Posting : 8 October 2018

Berita Serupa

Politik
Bisnis
Olah Raga