Meriahkan HUT TNI ke 73, Suguhkan Demo Terjun Free Fall Hingga Pameran Alutsista

Kategori :
Penulis : Ilyasi
Bagikan :
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Foto : Prokota.com

PROKOTA MALANG – Beragam atraksi disuguhkan prajurit TNI dalam menyambut peringatan HUT TNI ke 73. Tak hanya itu pameran alutsista TNI juga disajikan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terkait aneka persenjataan yang dimiliki TNI.

Rangkaian acara ini sendiri dipusatkan di lapangan Rampal Kota Malang Jawa Timur Jumat (5/10/2018).

Acara ini sendiri dibuka oleh Danlanud Abdulrachman Saleh Malang, Marsma TNI Andi Wijaya S Sos dengan ditandai penekanan tombol sirine.

Meski digelar secara sederhana para prajurit yang menyuguhkan atraksi mulai dari demo terjun free fall, kolone senapan dan demonstrasi bela diri prajurit TNI, Yong Moodo terlihat sangat bersemangat.

Usai upacara dilanjutkan dengan freefall yang disajikan oleh 23 orang prajurit penerjun dari satuan elite TNI Brigade Infanteri Para Raider 18 Divisi 2 Kostrad dan Paskhas TNI AU.

Pasukan ini melompat dari ketinggian 5000 kaki. Penerjunan ini merupakan demonstrasi kemampuan prajurit melakukan operasi lintas udara yang cepat, tepat dan senyap.

Sebelum melakukan pendaratan para penerjun itu dibawa pesawat C 212 Cassa yang dibagi dalam dua penerbangan.
Penerbangan pertama sebanyak 11 penerjun dan kemudian dilanjutkan yang kedua sebanyak 12 prajurit.

Mereka sangat lihai mengingat prajurit ini memiliki rekor terjun mulai dari 450 sampai 650 kali. Mereka membawa bendera-bendera kesatuan sebagai bentuk kebanggaan.

Disamping itu, ada juga demo kesiapan prajurit TNI dari Kostrad yang yang harus selalu siap saat dibutuhkan untuk kepentingan mendadak, termasuk diantaranya untuk operasi kemanusiaan seperti yang telah dilaksanakan saat ini keberangkatan mereka ke Palu, Donggala dan Sigi di Sulawesi Tengah.
Andi Wijaya mengatakan atraksi ini memberikan gambaran kepada publik terkait tugas dan ketrampilan yang harus dimiliki ketika menjalankan tugas sebagai penjaga NKRI.

Sedangkan untuk pameran alutsista, kata Andi merupakan wujud dari sikap TNI terhadap masyarakat.”TNI ingin menghilangkan kesenjangan dengan rakyat. Karena sejatinya TNI itu milik rakyat,” ujar Andi seusai acara kepada awak media di Rampal.

Disamping itu, pameran HUT TNI ke-73 juga sebagai bentuk pertanggungjawaban TNI kepada rakyat. Mengingat peralatan ini dibeli dari uang rakyat. “Semoga kedepan acaranya bisa lebih baik lagi,” tandas dia. (*)

Di Posting : 5 October 2018

Berita Serupa

Politik
Bisnis
Olah Raga