Pileg 2019, Keterwakilan Perempuan di Kota Malang Meningkat Capai 37 Persen

Kategori :
Penulis : Doddi Risky
Bagikan :
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

PROKOTA MALANG – Kesadaran berpolitik di kalangan perempuan Kota Malang meningkat. Indikator ini terlihat ada kenaikan sebesar 6 persen untuk keterwakilan perempuan pada pileg 2019 mendatang.

Mengacu data caleg di KPU Kota Malang, dari 529 caleg yang masuk Daftar Caleg Tetap (DCT) 37 persen adalah perempuan. Mereka tersebar di lima daerah pemilihan (dapil) di Kota Malang.

Komisioner Divisi Sosialisasi KPU Kota Malang Ashari Husein menjelaskan persentase keterwakilan perempuan dalam Pileg 2019 meningkat dibandingkan Pileg 2014.

Apabila pada 2014, caleg perempuan hanya 31 persen sekarang naik menjadi 37 persen. “Jadi trennya naik terus. Semoga kedepan semakin bagus,” ujar Husein.

Meningkatnya keterwakilan perempuan, kata Husein diharapkan menjadi tonggak sejarah pada momen pemilu 2019. Ini menandakan bahwa partisipasi perempuan dalam perpolitikan Kota Malang meningkat.

Kedepan diharapkan bisa sebanding dengan keterwakilan laki-laki. “Semoga kedepannya bisa 50-50, sehingga tokoh politik perempuan di Kota Malang bisa setara dengan laki-laki,” tandas mantan panwaslu Kota Malang ini. (*)

Di Posting : 25 September 2018

Berita Serupa

Politik
Bisnis
Olah Raga