Kapolresta Malang AKBP Asfuri ajak Elemen Mahasiswa Se-Kota Malang Turut Jaga Kamtibmas

Penulis : Rahman
Kategori :
Bagikan :
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Foto : Prokota.com

PROKOTA MALANG – Tahun politik memang rawan terjadi konflik. Menyadari hal itu berbagai macam cara dilakukan Kapolresta Malang AKBP Asfuri SIK agar wilayah Kota Malang tetap aman dan kondusif.

Salah satunya, Kapolresta Malang AKBP Asfuri menggelar cangkrukan bersama dengan seluruh elemen mahasiswa se Kota Malang di Balava Hotel Jalan Kolonel Sugiono, Sukun, Kota Malang Jawa Timur Jumat Malam (21/9/2018).

Di kesempatan itu, hadir pula Dandim 0833/Kota Malang Letkol Inf Nurul Yakin. Sedangkan jajaran Polresta Malang hadir pula Wakapolresta Malang Kompol Bambang Kristianto Utomo SIK serta jajaran Polresta lainnya.

Sedangkan elemen mahasiswa dihadiri perwakilan BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) sekitar 60 perguruan tinggi di Malang Kota.

Dalam kesempatan itu, Asfuri menjamin kebebasan berpendapat atau aspirasi yang dilakukan para mahasiswa. Karena itu memang sudah diatur dalam UU No 9/1998 tentang penyampaian pendapat di muka umum.

Asalkan dalam menyampaikan aspirasi dilakukan dengan cara yang benar dan sesuai dengan aturan yang berlaku. “Silahkan adik adik mahasiswa menyampaikan segala aspirasinya. Kami tidak melarang dan kami siap mengawal dan menjaga keamanan. Tapi harus dilakukan dengan cara yang tidak menganggu keamanan dan ketertiban,” ujar Asfuri dalam sambutannya.

Sebaliknya, kata Asfuri dalam menyampaikan aspirasi dilakukan dengan cara yang tidak benar tentunya aparat memiliki wewenang untuk melakukan penertiban. “Tugas kami bersama TNI menjaga keamanan dan ketertiban. Apalagi ada yang menimbulkan hal hal yang tidak diinginkan ya kami sudah pasti melakukan penindakan. Jadi adik adik mahasiswa juga perlu memahami tugas kami di lapangan. Biar tidak muncul kesalahpahaman,” kata Asfuri.

Kepada mahasiswa, Asfuri juga meminta agar bersama-sama menjaga persatuan dan kesatuan demi keamanan di Kota Malang. Mengingat tahun ini sampai 2019 mendatang merupakan tahun politik. “Kegiatan ini bertujuan menjalin silaturahmi dan komunikasi antara kepolisian dengan adik-adik mahasiswa. Kemarin adik-adik mahasiswa sudah ada yang diundang sebagai perwakilan mahasiswa Kota Malang ke kediaman bapak Kapolda Jatim untuk melakukan cangkrukan”, tutur Asfuri.

Asfuri mengaku bangga bisa menjadi keluarga besar Arema. Sebab masyarakat Kota Malang sangat guyub rukun. “Segala permasalahan atau konflik dapat cepat diatasi dan tidak sampai melebar,” kata pria berpangkat melati dua ini.

Sementara itu, Dandim 0833/Kota Malang Letkol Inf Nurul Yakin mengapresisi yang tinggi atas terselenggaranya kegiatan cangkrukan yang digelar oleh Kapolres Malang Kota dengan elemen mahasiswa.

Nurul Yakin berharap melalui kegiatan ini segala bentuk kendala dapat diselesaikan dengan silahturahmi. “Dengan kegiatan seperti ini, saya pun siap mendukung kegiatan apapun yang menjadikan Kota Malang ini tetap aman dan kondusif,” tandas Yakin yang disambut tepuk tangan.

Dalam acara tersebut suasana sangat ganyeng dan cair. Bahkan usai acara mereka tampak berfoto bersama mengabadikan momen kebersamaan tersebut. (*)

Di Posting : 22 September 2018

Berita Serupa

Politik
Bisnis
Olah Raga