Pembahasan PAK APBD 2018 Tinggal Pengesahan

Kategori :
Penulis : Doddi Risky
Bagikan :
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Foto : Prokota.com

PROKOTA MALANG – Pengesahan APBD Perubahan tahun 2018 Pemkot Malang diperkirakan berjalan mulus. Sebab anggota DPRD Kota Malang hasil PAW massal tak mampu otak-atik anggaran tersebut. “Sekarang ini kami tidak bisa otak-atik anggaran. Hanya bisa kritisi saja,” ujar Wakil Ketua Komisi C DPRD Kota Malang Dito Arief Nurakhmadi.

Penyebabnya pembahasan APBD-P sudah dilakukan dewan sebelumnya. Sebelum ada PAW massal, 22 dewan ditetapkan tersangka oleh KPK. Sementara draft anggaran tersebut tinggal disahkan. “Intinya agenda selanjutnya kami hanya mengkritisi supaya anggaran yang diajukan sangat banyak itu terserap dengan baik (Tidak sampai Silpa),” imbuh politisi PAN ini.

Meski begitu lanjut dia, pihaknya cukup pesimistis serapan dapat terealisasi optimal. Mengingat sisa waktu tidak lebih dari 3 bulan ini. Anggaran yang cukup besar ada di tiga OPD (dulu SKPD), yakni DPUPR, Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan. “Maksimal September ini harus didok Ranperda APBD P 2018. Supaya segera diserap dengan baik,” tegas politisi PAN.

Seperti diketahui bahwa, 40 dewan hasil PAW telah merampungkan belajarnya di Jakarta, mulai 17-18 September lalu.

Mereka dibina oleh Tim Otoda dan Kementerian Dalam Negeri RI tentang tupoksi kedewanan.
Mulai hak dan fungsi legislasi, penganggaran dan kontroling. Mereka didrill penguatan kapasitas dewan. “Supaya cepat paham sehingga bisa langsung ikuti proses DPRD Kota Malang,” tandas dia. (*)

Di Posting : 21 September 2018

Berita Serupa

Politik
Bisnis
Olah Raga