2021, Disparta Kabupaten Malang Targetkan 100 Desa Wisata

Kategori :
Penulis : Luthfi Arraghi
Bagikan :
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

PROKOTA MALANG – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemkab Malang terus mendongkrak keberadaan Desa Wisata. Langkah ini perlu dilakukan lantaran banyak desa di Kabupaten Malang yang memiliki potensi wisata. Sehingga kelak jika sudah memanfaatkan potensinya diharapkan masyarakat desa tersebut bisa mandiri dan sejahtera.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang, Made Arya Wedanthara, SH MSi mengungkapkan dari data yang diperoleh di lapangan, dari total 378 desa yang tersebar di 33 kecamatan baru ada 80 Pokdarwis (kelompok sadar wisata). Sedangkan untuk sampai ke 2021, Disparta menargetkan 100 pokdarwis. ” Jadi kami punya PR sebanyak 20 desa hingga 2021,” ujar Made kepada awak media Sabtu (8/9/2018).

Untuk memenuhi target itu, kata Made, pihaknya tidak kesulitan untuk mencari 20 desa wisata yang baru. Sebab analisa tim Disparta ada sekitar 168 desa yang sudah memiliki destinasi wisata lokal. Sehingga desa tersebut tinggal dikembangkan. “Disparta sifatnya hanya melakukan sporting dan pembinaan pada masyarakat yang memiliki greget untuk menjadi Desa Wisata,” kata pria yang murah senyum ini.

Untuk itu,lanjut Made, Disparta tiap tahun selalu mencanangkan keberadaan desa wisata yang baru. Harapannya memancing desa lain agar berbuat hal yang sama. Disparta selalu melakukan sosialisasi dan membangkitkan kemauan dan kesadaran warga akan wisata antara lain dengan Pencanangan Gerakan Sadar Wisata. (*)

Di Posting : 8 September 2018

Berita Serupa

Politik
Bisnis
Olah Raga