Bupati Malang Rendra Kresna Ingin Ada Sanggar di Kampung Topeng Desa Jabung 

Kategori :
Penulis : Luthfi Arraghi
Bagikan :
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Foto : Prokota.com

PROKOTA MALANG – Kesenian Tari Topeng yang menjadi ciri khas Kabupaten Malang menginspirasi lahirnya seniman pengrajin topeng.

Jika dulu ada sang maestro almarhum Mbah Mun yang ada di Pakisaji, ternyata di daerah lain juga ada pengrajin topeng. Salah satunya di Desa Jabung, Kecamatan Jabung Kabupaten Malang Jawa Timur.
Bahkan lokasi tersebut Kamis (6/9/2018) Bupati Malang Rendra Kresna meninjau secara lokasi kampung tersebut.

Dalam kesempatan itu, Rendra melihat secara langsung proses pembuatan dan melihat berbagai macam topeng yang sudah diproduksi warga setempat. Ada Topeng Bapang, Ada Topeng Panji dll. “Luar biasa ini karya remaja disini,” ujar Rendra Kresna sambil menenteng topeng Bapang yang terkenal dengan ciri khasnya hidungnya yang panjang.

Tak hanya itu, Rendra juga menerima curahat para pengrajin yang menginginkan adanya bantuan dari Pemkab Malang. Khususnya bantuan terkait dengan promosi produk. “Kami melalui Dinas Pariwisata akan membantu semaksimal mungkin pembinaan dan pemasarannya,” kata pria yang juga Ketua DPW NasDem Jatim ini.

Tak hanya itu, Rendra juga menginginkan adanya sanggar di kampung tersebut. Keberadaan sanggar ini menjadi sangat penting. Sebab di sanggar bisa dijadikan sebagai tempat membuat kerajinan topeng dan sekaligus sebagai tempat pertunjukkan seni tari topeng. “Jadi kesenian dan kebudayaan ini bisa terus dilestarikan,” tandas Rendra sambil menandatangani batu prasasti. (*)

Di Posting : 7 September 2018

Berita Serupa

Politik
Bisnis
Olah Raga