Rendra Kresna : Petani Sejatinya Pahlawan Negara 

Kategori :
Penulis : Luthfi Arraghi
Bagikan :
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Foto : Prokota.com

PROKOTA MALANG – Bupati Malang Rendra Kresna mengingatkan sejatinya petani di Kabupaten Malang merupakan pahlawan sejati. Sebab di tangan petani bangsa Indonesia tidak sampai mengalami krisis pangan.

Hal itu disampaikan Rendra dihadapan ratusan kelompok tani saat bina desa di Desa Jabung, Kecamatan Jabung Kabupaten Malang Jawa Timur.

Orang nomer satu di Kabupaten Malang ini mengatakan profesi petani merupakan pekerjaan yang mulia. Sebab kerja mereka menghasilkan aneka pangan sehingga memberikan penghidupan bagi manusia. “Coba bisa dibayangkan mau jadi apa negara kita kalau tidak ada petani. Kita akan krisis pangan dan impor pangan akan semakin besar. Kita menjadi negara yang bergantung pada negara lain jika kita krisis pangan. Jadi banggalah menjadi petani karena kalian lah sejatinya pahlawan bangsa,” ujar Rendra yang disambut tepuk tangan para petani.

Rendra tak menampik bahwa problem yang dihadapi petani sangat pelik di lapangan. Mulai harga pangan ketika panen murah, pupuk sulit, hingga terkadang cuaca yang tidak mendukung sehingga membuat petani sulit untuk sejahtera. Kondisi ini mengakibatkan generasi muda enggan terjun ke dunia pertanian. Dampaknya urbanisasi ke kota tinggi lantaran mereka memilih bekerja di kantoran atau pabrik.

Namun, kata Rendra, pemerintah terus berbenah untuk meningkatkan kesejahteraan petani. Terlebih lagi, Presiden Joko Widodo memiliki program membangun negara dari pinggiran. Artinya pembangunan dititik beratkan pada Desa.
Untuk itu, sektor pertanian menjadi hal yang mendasar untuk dibenahi regulasinya agar petani bisa sejahtera. “Kami akan upayakan terus berbagai macam teknologi pertanian bisa diakses petani kita. Sehingga bisa meminimalisir cost pengeluaran pertanian. Termasuk juga kemudahan mendapatkan pupuk,” ucap pria yang juga ketua DPW NasDem Jatim ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Malang Budiar menambahkan pihaknya berjanji akan terus meningkatkan bantuan kepada kelompok tani di Jabung. Khususnya berbagai bantuan terkait tekhnologi pertanian.

Sebab dengan memberikan bantuan tekhnologi pertanian sangat membantu petani untuk meringankan biaya pengeluaran ketika musim tanam. “Kami juga akan kerjasama dengan dinas lain untuk membenahi saluran irigasi. Sehingga semakin banyak lahan yang bisa terairi untuk ditanami,” tandas dia. (*)

Di Posting : 6 September 2018

Berita Serupa

Politik
Bisnis
Olah Raga