Pengangguran Capai 2.600 orang, Pemkot Batu Gelar Job Fair Tawarkan 1.114 Lowongan Kerja 

Kategori :
Penulis : Rahman
Bagikan :
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

PROKOTA BATU – Pengangguran di Kota Batu terus ditekan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Batu. Sebab pengangguran bisa menjadi problem sosial di masyarakat.

Sadar akan hal itu, Pemkot Batu menggelar bursa kerja atau job fair yang dipusatkan di Balai Kota Among Tani Rabu (5/9/2018).
Lebih dari seribu peluang kerja langsung diserbu oleh sekitar enam ribu pencari kerja.

Job Fair 2018 tersebut dibuka secara langsung oleh Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko yang didampingi Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso.

Dalam acara itu, total ada 37 perusahaan lokal dan asing yang menjaring pekerja dengan jumlah 1.114 lowongan.

Detailnya, 653 lowongan atau kesempatan kerja untuk kerja lokal, 349 kesempatan kerja antar daerah dan 116 kesempatan kerja antar negara.

Perusahaan peserta Job Fair ini terdiri dari sembilan bidang. Yakni lembaga pelatihan kerja, pariwisata, finance, retail, distributor, perbankan, manufaktur dan farmasi.
Kegiatan yang digelar oleh Dinas Penanaman Modal, Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Batu itu rencananya dilangsungkan selama dua hari hingga besok (6/9/2018).

Dewanti mengatakan kegiatan ini memberi kesempatan bagi warganya yang ingin memperoleh pekerjaan yang sesuai harapannya. “Kegiatan bursa kerja ini wujud keseriusan kami untuk menekan angka pengangguran seiring dengan peningkatan ekonomi masyarakat,” ujar Dewanti seusai membuka acara.

Dalam kesempatan itu, Dewanti bersama Punjul dan pejabat eksekutif lainnya, Dewanti sempat berkeliling ke stan-stan perusahaan.

Tak hanya itu, Dewanti menyempatkan berdialog dengan beberapa pencari kerja. “Yang dibutuhkan perusahaan-perusahaan itu pencari kerja yang memiliki skill. Kedepannya kami akan merancang program peningkatan skill masyarakat Batu lewat Disnaker,” ucap istri Eddy Rumpoko ini.

Sementara itu, Punjul Santoso menambahkan angka pengangguran di kota wisata Batu (KWB) sekitar 2,3 persen. Jumlah ini setara 2.600 orang dari 112.783 jiwa penduduk saat ini. Job Fair ini salah satu cara untuk mengurangi pengangguran tersebut.

Job Fair ini kata Punjul, merupakan kegiatan rutin Pemkot yang diadakan dari tahun ke tahun. Tujuannya mempermudahkan warga Kota Batu khususnya dalam mendapatkan kerja.

Kepala DPMPTSP Kota Batu Eny Rachyuningsih menegaskan pihaknya berharap kegiatan pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan sesuai bakat minat serta keahliannya.

Tentunya disesuaikan dengan kualifikasi jabatan yang diinginkan perusahaan. “Tentu target Pemkot batu pengangguran bisa ditekan lewat event ini,” tandas dia. (*)

Di Posting : 5 September 2018

Berita Serupa

Politik
Bisnis
Olah Raga