BNN Kabupaten Malang Gelar Test Urine bagi Wartawan. Begini Hasilnya?

Kategori :
Penulis : Ilyasi
Bagikan :
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Foto : Prokota.com

PROKOTA MALANG – Kebersamaan BNN Kabupaten Malang dengan media tak hanya sebatas publikasi kegiatan terkait pemberitaan seputar pencegahan dan pemberantasan narkoba. Akan tetapi BNN Kabupaten Malang juga mengajak para jurnalis atau wartawan agar tidak terlibat untuk mengkonsumsi barang haram tersebut.

Ini diperlukan lantaran jurnalis atau wartawan agar memiliki komitmen mewujudkan bebas narkoba. Sehingga keberadaan wartawan juga bisa menjadi figur di mata masyarakat agar ikut serta menjadi benteng dalam pencegahan peredaran narkoba.

Bahkan untuk mewujudkan komitmen itu BNN Kabupaten Malang melakukan test urine kepada belasan wartawan yang selama ini liputan di wilayah Kabupaten Malang.

Program ini sengaja digelar untuk mensukseskan peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) yang setiap tahun diperingati pada 26 Juni. “Hasil yang kami terima dari tim medis, temen temen wartawan yang ikut test urine semuanya negatif. Artinya tidak ada yang memakai barang terlarang,” ujar Kepala BNN Kabupaten Malang Letkol Laut PM Agus Musrichin seusai rest urine di kantor BNN Kabupaten Malang Selasa (10/7/2018).

Dalam test urine tersebut, BNN Kabupaten Malang menggunakan enam parameter. Yakni alat untuk mendeteksi seseorang mengkonsumsi sabu-sabu, heroin, ganja, kokain, pil koplo, inex.

Agus mengatakan acara ini sejatinya sudah direncanakan pada saat Hari Pers Nasional (HPN) pada Februari lalu. Hanya saja baru bisa digelar pada bulan ini yang bertepatan dengan peringatan HANI. “Kami memberikan apresiasi kepada temen temen wartawan yang tidak menggunakan narkoba. Artinya mereka tidak hanya support kami di pemberitaan. Akan tetapi mereka juga memiliki komitmen dan dedikasi untuk bebas dari narkoba. Insyaallah kedepan kami akan gelar lebih banyak lagi untuk temen temen wartawan,” kata pria asal Pati, Jawa Tengah ini.

Disamping test urine, untuk menyemarakkan peringatan HANI, BNN Kabupaten Malang juga menggelar acara bakti sosial donor darah bekerjasama dengan PMI Kabupaten Malang. “Program test urine untuk jurnalis ini sangat bagus. Kami berharap bisa diteruskan ke kawan kawan jurnalis yang lainnya,” tutur Cahyono salah satu wartawan yang ikut serta dalam test urine. (*)

Di Posting : 10 July 2018

Berita Serupa

Politik
Bisnis
Olah Raga