Terindikasi Plagiat, Wakil Rektor I UIN Maliki DR HM Zainuddin Dilaporkan FIMM ke Polres Malang Kota

Penulis : Ilyasi
Kategori :
Bagikan :
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Foto : Prokota.com

PROKOTA, MALANG – Wakil Rektor UIN Maliki Malang DR HM. Zainuddin MA dilaporkan Forum Independen Masyarakat Malang Raya (FIMM) ke Polres Malang Kota. Laporan tersebut terkait dugaan plagiarisme buku yang dilakukan Zainuddin.
Adapun buku yang terindikasi ada hasil saduran tersebut berjudul ‘Paradigma Pendidikan Terpadu Menyiapkan Generasi Ulul Albab’

Ketua FIMM, Subaryo mengatakan, buku karya Zainuddin itu menjiplak buku berjudul Paradigma Pengembangan Keilmuan di Perguruan Tinggi’ karya mantan Rektor UIN Maliki Prof Imam Suprayogo. Atas temuan itu, FIMM melaporkan ke pihak yang berwajib. “Kami sudah melaporkan kasus plagiarisme ini ke Polres Malang Kota pada 5 Januari 2018 lalu,” ucap dia.

Saduran itu, lanjut Subaryo lantaran Zainuddin tidak menyebutkan sumber referensi atau pustakanya. Seperti yang ditemukan di Bab V, hampir 70 persen isisnya terindikasi hasil penjiplakan.
“Plagiat itu dosa besar bagi akademisi. Sanksinya berat karena bisa dikeluarkan dari universitas,” kata dia.

Bahkan, ‘Pohon Keilmuan’ yang sudah dipatenkan juga ditengarai telah dijiplak. Buku tersebut sudah tiga kali dicetak yakni tahun 2008, 2012 dan 2013.

Tak hanya itu, lanjut Subaryo, kenaikan pangkat Zainuddin juga diduga dengan memanfaatkan buku tersebut.

Prof Imam Suprayogo pun membenarkan adanya penjiplakan buku karyanya. Bahkan Imam langsung menghubungi Zainuddin untuk mengklarifikasi hal itu.

Setelah itu, Zainuddin datang ke kantornya dengan membawa buku itu. Setelah dibaca isinya memang sama. “Jadi tidak disebutkan sama sekali itu tulisan saya dan bahkan di daftar pustakanya tidak muncul,” kata Imam.

Imam menegaskan tidak dibenarkan seorang akademisi mencontek apalagi berstatus sebagai dosen.

Terpisah, DR HM Zainuddin MA ketika dikonfirmasi mengelak adanya tudingan karyanya plagiat
“Itu fitnah, jangan percaya soal itu,” tandas dia. (*)

Di Posting : 7 April 2018

Berita Serupa

Politik
Bisnis
Olah Raga