KPK Tuntaskan Penahanan 19 Tersangka Anggota DPRD Kota Malang. Ketua DPRD Hakim : Pemerintahan Harus Tetap Jalan

Penulis : Ilyasi
Kategori : ,
Bagikan :
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Foto : Prokota.com

PROKOTA, MALANG –  Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya menuntaskan penahanan 19 anggota DPRD Kota Malang. Ini seiring dengan ditahannya lima anggota DPRD Kota Malang setelah diperiksa di kantor KPK jumat (6/4/2018). 

Termasuk, salah satunya Plt Ketua DPRD Kota Malang, Abdul Hakim. Politisi PDIP ini langsung ditahan usai menjalani pemeriksaan kasus dugaan suap pembahasan APBD-P Kota Malang 2015 lalu. “AH (Abdul Hakim) ditahan untuk 20 hari ke depan di Rutan KPK di Pomdam Jaya, Guntur,” kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan.

Selain Hakim, penyidik KPK juga menahan empat wakil rakyat lainnya. Yakni Sulik Lestyowati (demokrat), Tri Yudiani (PDIP), Imam Fauzi (PKB) dan Syaiful Rusdi (PAN)

Keempat anggota DPRD, IF (Imam Fauzi) dan SR (Syaiful Rusdi) ditahan di Rutan Pomdam Jaya Guntur. Sedangkan untuk tersangka SL (Sulik Lestyowati) dan TY (Tri Yudiani) ditahan untuk 20 hari ke depan di Rutan Pondok Bambu. 

Abdul Hakim, saat diwawancarai berharap penahanan dirinya dan sejumlah anggota DPRD Kota Malang lain tidak mengganggu pembangunan Kota Malang. “Saya selaku Ketua DPRD pengganti, Kota Malang harus tetap berjalan. Apa pun situasinya penduduk kota Malang harus tetap berjalan,” ucap Hakim saat menjawab pertanyaan media ketika keluar dari gedung KPK.

Praktis dengan ditahannya Hakim, maka pimpinan di DPRD Kota Malang terjadi kekosongan. Mengingat tiga wakil DPRD Kota Malang sebelumnya juga sudah ditahan KPK. Yakni M.Zainuddin (PKB), Rahayu Sugiarti (Golkar) dan Wiwik Hendri Astuti (Demokrat).

Seperti diberitakan, KPK telah menahan 14 tersangka antara lain baik unsur eksekutif maupun legilastif. Eksekutif Wali Kota nonaktif Malang Moch Anton dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Pengawasan Bangunan Jarot Edi Sulistyono. 

Anton ditahan bersamaan dengan anggota DPRD Malang, Heri Pudji Utami, Abd Rachman, Hery Subiantoro, Rahayu Sugiarti dan Sukarno.

Sedangkan pada Rabu (28/4/2018), penyidik melanjutkan penahanan terhadap lima anggota DPRD Kota Malang. Yakni Wakil Ketua DPRD Kota Malang, M Zainuddin dan Wiwik Hendri Astuti, serta tiga anggota DPRD, Salamet, Mohan Katelu dan Suprapto.

Sementara anggota DPRD Kota Malang, Bambang Sumarto ditahan, Kamis (29/3/2018) serta Sahrawi pada 5 April 2018. (*)

 

Di Posting : 6 April 2018

Berita Serupa

Politik
Bisnis
Olah Raga