Survei Saling Kejar, Khofifah-Emil Unggul Tipis 0,5 Persen dari Gus Ipul-Puti

Kategori :
Penulis : Ilyasi
Bagikan :
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

PROKOTA, SURABAYA- Perebutan kursi Jatim 1 diperkirakan sangat ketat. Ini lantaran elektabilitas pasangan Cagub -Cawagub, Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak hanya unggul tipis 0,5 persen dari pesaingnya Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno.
Hal ini berdasarkan Hasil survei Litbang Kompas terbaru yang dirilis, Senin (12/2).
Survei ini dilakukan rentang waktu 19 Februari- 4 Maret 2018. Dengan mengambil jumlah responden sebanyak 800.

Responden dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan proporsional bertingkat dan diwawancara secara tatap muka. Margin of error sebesar +- 3,46 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Adapun hasil rilis itu menujukkan tingkat elektabilitas Khofifah-Emil sebesar 44,5 persen. Sedangkan pasangan Gus Ipul-Puti diangka 44,0 persen. Jadi hanya selisih 0,5 persen.

Tipisnya selisih ini bisa jadi karena Khofifah dan Gus Ipul sama sama miliki basis massa yang kuat. Karena keduanya merupakan kader NU. Disamping itu, kedua cagub ini juga sama sama memiliki pengalaman di bidangnya masing-masing.

Hanya saja, dalam survei itu ada 11,5 persen yang belum menentukan pilihan.

Tak hanya itu, Survei litbang Kompas ini juga mengukur pemilih loyal masing-masing pasangan. 53,1 persen pemilih Khofifah-Emil tidak akan berubah pilihan, 38,3 persen bisa berubah pilihan, dan 8,6 persen tidak menjawab atau rahasia.

Sedangkan, pemilih Gus Ipul-Puti 56,6 persen tidak akan berubah pikiran, 37,0 persen bisa berubah pilihan, dan 6,4 persen tidak menjawab atau rahasia.

Adapun pemilihan responden berdasarkan wilayah. Pasangan nomer urut 1, Khofifah-Emil mengungguli Gus Ipul-Puti di empat wilayah, dari jumlah keseluruhan enam wilayah. Di Mataraman Pesisir (Bojonegoro, Lamongan, Tuban) Khofifah-Emil meraih 54,1 persen dan Gus Ipul-Puti 44,6 persen.

Di Mataraman (Pacitan, Madiun, Magetan, Ponorogo, Trenggalek, Nganjuk, Kediri, Ngawi, Blitar, Tulungagung), Khofifah-Emil meraih 47,2 persen dan Gus Ipul-Puti 42,6 persen. Di Madura (Bangkalan, Pamekasan, Sampang, Sumenep) Khofifah-Emil meraih 50,7 persen dan Gus Ipul-Puti 40,0 persen; di Osing (Banyuwangi) Khofifah-Emil meraih 53,1 persen dan Gus Ipul-Puti 40,6 persen.

Sementara pasangan Gus Ipul-Puti berhasil unggul dari Khofifah di dua wilayah. Dua wilayah itu yakni Arek (Gresik, Surabaya, Malang, Mojokerto, Jombang, Sidoarjo) Gus Ipul-Puti meraih 44,1 persen dan Khofifah Emil 37,4 persen; di Pandalungan (Pasuruan, Probolinggo, Situbondo, Bondowoso, Jember, Lumajang) Gus Ipul-Puti meraih 48,0 persen dan Khofifah-Emil 44,1 persen.

Peneliti Litbang Kompas, Yohan Wahyu mengungkapkan dengan memperhitungkan toleransi kesalahan pengambilan sampel penelitian (sampling error) sebesar kurang lebih 3,46 persen, selisih perolehan suara sebesar setengah persen belum cukup untuk menyimpulkan pasangan mana yang lebih unggul.
“Kedua pasangan ini sama sama punya peluang dan kesempatan yang sama untuk bisa menang. Situasinya masih bisa berubah hingga menjelang pemungutan suara 27 Juni mendatang.” paparnya

Di Posting : 12 March 2018

Berita Serupa

Politik
Bisnis
Olah Raga