Walikota Sutiaji Ambil Berbagai Langkah Tekan Penyebaran Omicron di Kota Malang

Kategori :

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

MALANG PROKOTA.Com – Rakor yang membahas tentang pencegahan penyebaran virus omicron di wilayah Kota Malang. Dalam arahannya, Walikota Sutiaji menjelaskan bahwa pentingnya meningkatkan kewaspadaan atas varian baru tersebut tanpa memunculkan kepanikan di tengah masyarakat. “Jangan cemas. Bukan berarti meremehkan, tapi waspada. Kuatkan lagi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro dan protokol kesehatan” ujar Sutiaji.

Hal itu dilakukan Walikota untuk menindaklanjuti merebaknya virus Omicron di berbagai wilayah; Walikota Malang, H. Sutiaji mengambil langkah cepat untuk mencegah penyebaran virus omicron di Kota Malang. Senin (17/1) di Ruang Sidang Balaikota Malang telah dilaksanakan Rapat Koordinasi antara Walikota Malang dengan Camat, Lurah dan Kepala Puskesmas se Kota Malang.

Pada kesempatan tersebut, Ia meminta Camat, Lurah dan Puskesmas terus berkomunikasi serta menjalin koordinasi untuk memberikan literasi dan sosialisasi pada masyarakat terkait penanganan virus varian omicron ini.

Salah satu pesan penting Walikota Sutiaji yang tersampaikan pada rakor tersebut adalah pemantauan perpindahan penduduk yang masuk dan keluar dari Kota Malang. Hal ini belajar dari kronologis penyebaran Omicron dari berbagai wilayah, termasuk kasus di Kabupaten Malang yang dialami seorang warga pendatang. “Disini peran RT / RW sangat penting untuk melakukan monitoring di wilayahnya masing-masing” tegasnya.

Di sisi lain, ia juga meminta jajarannya untuk menguatkan edukasi dan pemeriksaan dini (testing), pelacakan (tracing), dan perawatan (treatment) atau 3T di tempat-tempat publik.

“Satpol PP, Dinas Perhubungan, dan BPBD agar menggerakkan kembali operasi gabungan memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan (3M) dan 3T. Tes Swab secara acak di resto, hotel, dan tempat keramaian seperti Kayutangan agar disiapkan,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Walikota Sutiaji juga kembali menegaskan agar penggunaan aplikasi Peduli Lindungi semakin didisiplinkan; utamanya di ruang-ruang publik seperti perkantoran, hotel, resto dan di wilayah Kayutangan Heritage sebagai destinasi baru bagi warga Kota Malang.

“Pemanfaatan aplikasi Peduli Lindungi harus terus dijalankan dengan baik dan kita pantau penggunaannya” tandas Sutiaji. (Ts/dr/hms)

No Tag
Matarajawali
Di Post : 15 hours Yang Lalu
Berita Serupa