Sutiaji : KH. Anwar Pejuang NU

Penulis : Ilyasi
Kategori :
Bagikan :
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Foto : Prokota.com

PROKOTA, MALANG – Warga Nahdlatul Ulama (NU) Kota Malang berduka. Jumat kemarin (2/3/2018) satu kader terbaiknya, KH Mohammad Anwar SE telah dipanggil Allah SWT.

Semas hidupnya, KH Mohammad Anwar pernah menjabat sebagai Ketua Pimpinan Cabang PC NU Kota Malang. Kehidupannya lebih banyak diisi untuk perjuangan NU dan kegiatan umat. Almarhum dikenal sebagi kader militan yang hari-harinya lebih banyak mengurusi NU, dibandingkan kepentingan pribadi dan keluarganya.

Selain itu, KH Anwar juga dikenal sebagai tokoh politisi kawakan di zamannya. Almarhum pernah menjabat sebagai anggota DPRD Kota Malang dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP).
“Saya secara pribadi merasa kehilangan salah satu guru saya. Bagi saya, Cak Gawar (sebutan KH Anwar) adalah seorang inspirator, khususnya tentang berkhidmad kepada NU,” kata Sutiaji, Calon Walikota Malang seusai pemakaman.

Kedekatan Sutiaji dengan ulama Kota Malang, tidak terkecuali dengan Gus Gawar semasa hidup, sebagai sesuatu yang tidak mudah dilupakan. Kehidupan dan warisan ilmunya yang barokah begitu berharga dan patut menjadi tauladan hidup.
“Setahu saya Cak Gawar seorang yang sederhana. Walaupun saat itu sudah menjabat menjadi anggota dewan, masih mau cangkrukan dengan aktivis NU Malang,” kenang Sutiaji.

Saat Gus Gawar menjabat sebagai Ketua Tanfidiyah NU, bersamaan Sutiaji menjabat sebagai Ketua Lembaga Wakaf PC NU Kota Malang. Karena itu Wakil Walikota Malang (non aktif) ini mengenal ketokohan Gus Gawar.
“Semasa kepemimpinan beliau suasana kepengurusan sangat dinamis. Banyak ide-ide segar yang keluar dari pemikiran beliau, semoga beliau khusnul khotimah,” pungkas Sutiaji.

Sutiaji secara khusus bertakziyah dan mengantarkan almarhum ke keperistirahatan terakhirnya di Taman Pemakaman Umum (TPU) Kasin, Kota Malang. Selain itu, tampak sejumlah kyai NU, di antaranya KH. Marzuki Mustamar (Wakil Rois Syuriah PWNU Jatim), KH. Chamzawi (Rois Syuriah PCNU Kota Malang) dan lain-lain. (Red)

Di Posting : 2 March 2018

Berita Serupa

Politik
Bisnis
Olah Raga