Wow 7 Gerbong Langsiran Tanpa Kendali Hebohkan Pekerja stasiun Kota Lama

MALANG POKOTA.Com – Masya Allah tujuh gerbong KA tiba tiba meluncur tanpa kendali dan nyaris menghantam kerumunan pekerja perbaikan bantalan rel kereta di Stasiun Malang Kota Lama. Kejadian tersebut terjadi pada Rabu sore sekitar pukul 14.50 WIB. Beruntung tidak ada korban jiwa maupun luka – luka pada kejadian ini.

“Hari ini Rabu 28/11 pukul 15.52 WIB, di Stasiun Malang Kota Lama terjadi anjlokan rangkaian gerbong kereta api cadangan langsiran,” ucap Suprapto pada Rabu petang (18/11/2020) di Stasiun Malang Kota Lama.

Menurut Suprapto saat ditemui awak media mengatakan bahwa, dari tujuh gerbong cadangan langsiran yang anjlok dan meluncur tanpa kendali, empat gerbong terdampak langsung dan dalam kondisi rusak. Sementara tiga gerbong tidak mengalami anjlok dan dalam kondisi tidak rusak.

Menurut PT KAI DAOP 8 Surabaya menyebut tujuh gerbong kereta api yang meluncur tanpa kendali bukan gerbong inti, melainkan rangkaian gerbong cadangan

Hal itu dijelaskan Manager Humas PT KAI DAOP 8 Surabaya Suprapto mengatakan, ada total 7 gerbong yang merupakan gerbong cadangan. Dimana salah satu gerbong merupakan bagian dari rangkaian gerbong KA Gajayana.

Rangkaian terdiri 7 gerbong, yang anjlok gerbang 1 – 4, sedangkan gerbong 5, 6, dan 7 tidak anjlok. Penyebabnya masih dalam penyelidikan, yang jelas telah terjadi anjlok rangkaian kereta api cadangan 7 gerbong, salah satunya rangkaian gerbong KA Gajayana” jelas Suprapto kembali.

Dirinya menegaskan dalam kejadian itu, tidak ada korban jiwa baik dari penumpang maupun pekerja dari PT KAI DAOP 8 Surabaya. Jadwal keberangkatan dan kedatangan kereta api pun tak mengalami keterlambatan, termasuk rangkaian KA Gajayana.

“Tidak ada korban jiwa, semua selamat. Pekerja perbaikan juga bisa menyelamatkan diri. Perjalanan kereta api tidak ada yang tertunda. Tidak ada pengaruh keberangkatan dan keterlambatan, termasuk KA Gajayana juga, karena ini gerbong cadangan. Teman – teman bisa lihat sendiri KA Dhoho masih bisa melintas hanya memang pelan sekali karena proses evakuasi,” paparnya.

Pihak KAI saat ini masih berupaya melakukan evakuasi empat gerbong yang rusak akibat meluncur tanpa kendali di Stasiun Malang Kota Lama ini.

“Kita akan melakukan proses evakuasi terhadap empat gerbong kereta api yang ada. Kita harapkan besok pagi stasiun kembali normal,” tutupnya.(ruz)