Tiga Hari di Kota Malang, Tim Juri ADIPURA  Kesengsem Kampung Bersinar

MALANG PROKOTA.Com – Membangun lingkungan pada dasarnya adalah membangun manusia seutuhnya.
Untuk itu membangun lingkungan
harus holistik atau menyeluruh yang meliputi kesehatan, pendidikan, kesejahteraan, budaya dll, diatas potensi yang dimiliki agar lingkungannya menjadi lingkungan yang layak huni dan layak dikunjungi.

Hal itu yang menjadi dasar penilaian untuk mendapatkan piala tertinggi pada Lingkungan hidup. Yakni Piala Adipura.

“Sumber pengelolaan sampah yg memberi dampak signifikan pada pengurangan dan penanganan sampah sesuai dengan  yang  tertera di jakstrada kota lalu List bank sampah besar yang punya dampak besar terhadap pengurangan sampah kota, alamat lokasi, jumlah sampah terkelola n omzet” ungkap Kabid Kemitraan dan pengolahan Lingkungan Hidup Kota Malang, Ir Rahmat Hidayat.ST ML yang mendampingi tim juri Adipura bersama Kepala DLH kota Malang Dra Rinawati.MM.

Di Kota Malang Tim juri Adipura selama tiga hari keliling ke kampung-kampung Bersinar.

Bahkan lanjut Rahmat lebih jauh kalau tim juri terpesona alias kesengsem dengan kampung bersinar yang dibangun dengan swadaya masyarakat .

Tim juri Adipura tak henti hentinya berkeliling dan foto dilokasi hingga berkali kali untuk lakukan swafoto bahkan  di area
Fasilitas pengelolaan sampah kota, sarpras angkutan sampah, perlengkapan sampah yg masuk terkelola, residu, tps3r, itf, pdu, rumah kompos juga jadi sasaran foto. “Insya Allah Kota ter cinta Bhumi Arema bakal dianugerahi Piala Adipura lagi,” beber dia.

Unit Bank Sampah Kampung Biru penataan Tong Komposter yang belum terisi dan tata cara operasionalnya, lokasi penimbangan diarahkan di pintu masuk Kampung Biru.

Unit Bank Sampah Sawojajar RW 2 ada 2 unit. Biopori kompos cukup bagus, hanya pada penimbangan diarahkan pada lokasi dekat pengolahan sampah organik.

Seperti halnya Unit Bank Sampah Rampal Celakat RW 04 yang ada penataan komposter berserta isinya Unit Bank Sampah Sukorejo perlu penataan Komposter dan Isinya SPA dan TPS3R Velodrome. (*)