Target Go Sekolah Adiwiyata Lagi SD Unggulan AL ‘ YALU Studi Kenal Profesi Pengelolaan Sampah Di TPA Supit Urang DLH Kota Malang

MALANG PROKOTA.com – Virus positif nampaknya senang mewabah di lingkungan pendidikan maupun kampung di Kota Malang .Rasa ingin maju dan meraih prestasi ketingkat yang lebih tinggi muncul seiring motivasi walikota dan jajaran Dinas Lingkungan Hidup Pemkot Malang yang terus disosialisasikan.

“Permohonan untuk bisa belajar tentang pengelolaan sampah di Supit Urang dari Sekolah Dasar Unggulan AL YA’LU dengan titel program SKP atau Studi Kenal Profesi selama dua hari kamis dan Jumat 19-20 desember 2019, “ungkap Tri Santoso Plt UPT TPA Supit Urang yang mewakili Kadis LH Pemkot Malang dra Rinawati MM.

Lebih jauh dikatakan Kasie Penata Lingkungan tersebut bahwa 86 suswa klas IV dan V SD Unggulan Al Ya’LU yang didampingi 4 guru tersebut belajar secara Langsung tentang pengelolaan Sampah di Supit Urang.

“kami paparkan secara teori setelah itu kami ajak secara langsung ke gedung pemgolahan Daur Ulang atau pengolahan terpadu juga ke TPA yang dikelolah dengan sistim Sanitary Randfil, karena area yang baru belum selesai total kami belum berani ajak kelokasi proyek yang dalam penyelesaian.tapi bisa kami kenalkan secara detail hingga siswa mengetahui dari awal sampah diangkut di rumah keTPS hingga keTPA “paparnya nyakin.

Terpisah Kepala Sekolah SD Unggulan AL YA’LU Purnomosidi Spd.MPD menuturkan kalau dasar siswa lakukan SKP adalah semata-mata bagwa Sekolah yang unggul adalah sekolah yang memberikan pendidikan excellent, yakni kurikulum yang handal, guru pendidik yang profesional serta ssanpras yang represenratif,

“Salah satu penjabaran pendidikan excellent yaitu dendan adanta studi kenal profesi, taitu studi yang berhubungan dengan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Tehnoklogi , salah satunya skm ke Pengelolahan Sampah di TPA Supit Urang tang dibawah dinas Lingkungan hidup Pemkot Malang, siswa bisa belajar tentang pengolahan sampah hingga hadi jujugan kota dan propinsi luar malang jaena bantak prestasi nasional termasuk sukses antar sekolah Adiwiyata Nasional dan Mandiri, itulah alasan kami skm kesini, siapa tahu mendatang sekolah kami raih adiwiyata lagi,” pungkasnya berharap.

Perlu diketahui bahwa penghargaan terbanyak program Adiwiyata dari KLHK diterima Kota Malang setelah 20 sekolahnya sukses meraih gelar bergengsi antar sekolah se Indonesia itu.

Hal ini diungkap Kepala dinas Lkngkungan Hidup Dra Rinawati MM saat sidak TPS di Kedungkandang kemarin, ia mengatakan bahwa pihaknya sudah jadi lsngganan kunker atau studi tiru kota lain ingin belajar bersama tentang Adiwiyata maupun pengolahan sampah.

“Kami siap saja, karena selama ini sudah seluruh Indonesia banyak kunker ke Kota Malang terkait sekolah Adiwiyata,” jelasnya.

Di sisi lain, Rina  berharap dengan adanya penghargaan Adiwiyata yang diterimabisa hadi motivasi sekolah lainnya.(*)