Sukses Jalankan Misi Kemanusiaan di Shanghai, Letkol PNB Suryo Anggoro Promosi Jabatan Komandan Skadron Taruna tingkat 2 Wing Taruna AAU

KIRI -KANAN : Letkol PNB Suryo Anggoro bersama Letkol PNB Taufik NC

MALANG PROKOTA.COM – Keberhasilan Letkol PNB Suryo Anggoro menjalankan misi kemanusiaan penanganan wabah COVID 19 ke Shanghai terkait tugas mengambil alkes dan menjemput WNI di Wuhan berbuah manis. Sebab Letkol PNB Suryo mendapatkan promosi jabatan sebagai Komandan Skadron Taruna tingkat 2 Wing Taruna AAU di Jogjakarta.

Sebelumnya Letkol PNB Suryo menjabat sebagai Komandan Skadron Udara 32 Pangkalan Udara (Lanud) Abdulrachman Saleh.

Sedangkan untuk mengisi jabatan yang ditinggalkan Suryo Anggoro diisi Letkol PNB Taufik N C yang menduduki jabatan sebagai Komandan Skadron Wing 32. Sebelumnya Taufik menjabat sebagai Kasiopslat Disops Lanud Abdulrachman Saleh.

Rencana Sertijab keduanya akan dilakukan pagi ini.

Soal promosi jabatan tersebut, Suryo Anggoro yang merupakan Taruna AAU 2000 ini mengaku bersyukur. Sebab sebagai prajurit dirinya sudah siap untuk ditempatkan dimanapun sebagai bentuk tanggung jawab tugas dan pengabdian kepada negara Indonesia. “Di tubuh TNI AU proses pergantian kepemimpinan di setiap jenjang adalah hal biasa. Dan tentunya sebagai prajurit saya siap ditempatkan dimanapun,” ujar Suryo kepada PROKOTA.COM.

Disingung soal pengalaman misi dalam aksi kemanusiaan di Shanghai, Suryo yang sudah memiliki pengalaman jam terbanyak sebanyak 8282 jam ini mengaku memiliki kesan tersendiri.

Suryo menceritakan waktu itu pada pertengahan Maret 2020 dirinya sedang melakukan test drive pesawat Hercules yang diperbaiki di Bandung (19 Maret 2020).Secara mendadak, ada perintah atasannya untuk berangkat ke Shanghai, Tiongkok.

Misi besar yang diembannya tak lain mengangkut beberapa ton alat kesehatan dari Tiongkok ke Tanah Air untuk penanggulangan COVID-19 yang mewabah di Indonesia.

“Saya diperintahkan untuk menyiapkan pesawat ke Cina untuk mengangkut alkes penanganan COVID 19,” ujar Suryo melalui telepon seluler.

Misi mengangkut logistik alat kesehatan atas permintaan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang merupakan realisasi kerja sama G to G antara pemerintah Indonesia dengan Tiongkok. “Alhamdulillah misi itu sukses berkat kerjasama tim,” tandas suami Rieke Avianita.

Profil

Nama : Letkol PNB Suryo Anggoro

Angkatan Taruna  : AAU 2000

Jam Terbang : 8282

Jabatan baru : Komandan Skadron Taruna tingkat 2 Wing Taruna AAU

Jabatan lama : Komandan Skadron Udara 32 Pangkalan Udara (Lanud) Abdulrachman Saleh.

Istri : Rieke Avianita

Anak :

1. Kanza

2. Kaizen,

3. Kenziea