Sidak ke Dinkes, Sutiaji-Sofyan Edi Pastikan Warga Miskin di Kota Malang Tercover BPJS 

PROKOTA MALANG – Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sutiaji-Sofyan Edi Jarwoko langsung menggelar sidak untuk mengetahui kondisi pegawai dan dinas di Pemkot Malang. Rabu kemarin (26/9/218) Sutiaji dan Sofyan bersama sidak ke Dinas Kesehatan.

Dalam kesempatan itu, Sutiaji mengecek secara langsung keberadaan data warga Kota Malang yang masuk dalam daftar BPJS. Serta warga miskin yang belum tercover BPJS.

Dr.dr.Asih Tri Rachmi, MM selaku Kepala Dinkes Kota Malang mengatakan kunjungan Wali Kota dan Wakil Wali Kota untuk melihat langsung data dan pelayanan BPJS. Ini sebagai komitmen terhadap masyarakat Kota Malang.
Terlebih lagi keikutsertaan masyarakat miskin yang belum tersentuh BPJS. “Tadi bapak sudah melihat langsung datanya, agar beliau nanti bisa memberikan kebijakan yang itu bisa langsung diaplikasikan,” ujar Asih kepada PROKOTA.Com.

Seperti diketahui, dinkes bekerja sama dengan dispendukcapil, dinsos dan BPJS untuk melakukan pendataan. Sehingga pelayanan kesehatan pada masyarakat bisa maksimal.

Mengingat, baru sekitar 70 persen warga Kota Malang yang sudah terdaftar BPJS.
Sutiaji menegaskan agendanya ke Dinkes merupakan aksi dari 99 hari pertamanya menjabat jadi pemimpin daerah di Kota Malang. Tujuannya untuk menginventarisir database tentang warga Kota Malang di keikutsertaan BPJS. “Kami ingin tahu datanya dulu. Berapa masyarakat yang belum tercover di jaminan kesehatan. Terus nanti kita anggarkan. Sehingga tidak ada yang mengurus surat miskin lagi,” kata politisi Demokrat ini.

Sutiaji menambahkan program BPJS bagi semua warga miskin di Kota Malang sekaligus untuk merealisasikan janji kampanye Malang Sae. Artinya semua warga miskin harus tercover dengan anggaran APBD untuk keikutsertaan BPJS. (*)