Sak Celupan “Hadir di sanggar seni kampung Celaket”

MALANG PROKOTA.Com – Yudi Prata kaget begitu melihat sekitar 12 generasi muda membawa gelas untuk ikut workshop glass painting padahal dia sebenarnya akan breafing untuk tampil bersama pokdarwis Satrio Turangga Jati Tanggal 25 oktober 2020.

“Akhirnya diapun bergabung bersama mereka dengan meminta gelas di dapur Sanggar Celaket, Sasana Krida Budaya kepada Bapak Pranoto Ketua Sanggar Celaket.”ungkap Yuyun Xp ketua Kabunga Gruop dalam rilisnya pada awak media 7/10.

Menurutnya, Yudi Prata sangat senang sekali dia merasa ternyata kesenian bukan hanya di media kertas gambar tapi bisa juga di media gelas dan bahkan mendengar cerita instruktur Tatik Simanjuntak gelas painting bisa membawa omzet untuk menambah pemasukan ekonomi di rumah.

Dengan pelatihan ini Yudi Prata Berharap generasi muda semakin berfikir kreatif untuk memanfaatkan segala yang ada dengan kemampuan berkesenian.

Perlu diketahui bahwa Yudi Prata adalah salah satu Youtuber yang sedang viral dan asli kota Malang dengan Lagunya “Sak celupan”.

Seperti dijelaskan sebelumnya,Setelah masa pandemi berlangsung tidak dipungkiri bahwa Ekosistem Kesenian mengalami titik balik yang harus dibangun Kembali.

Kabunga Group yang sudah memiliki program penyelenggaraan sanggar seni kampung ,mulai 2018 kali ini hari ke dua berlangsung DI Kecamatan Kojen yang terletak di Sanggar Celaket Sasana Krida Budaya yang akan berlangsung setiap hari Rabu pukul 18.30.

Sebenarnya alasan yang paling mendasari dengan pengelompokan tiap kecamatan adalah lebih mudah pengontrolan bagi peserta dalam satu area tempat tinggal terkait menghindari penyebaran covid 19.

Masih kata Yuyun Xp kalau Kesenian tidak hanya sebuah hobby atau kegemaran tapi memiliki kemampuan untuk menjadi media sosialisasi segala hal. Terlebih lagi bisa menambah pemasukan di era pandemi selain membangun rasa bahagia yang mendukung imunitas tubuh.

Melihat di sanggar celaket tidak hanya ibu ibu tapi Generasi muda seni terapan dapat menjadi aset dari pembangunan Ekosistem Kesenian Kota Malang, Tapi juga
untuk Meningkatkan ekonomi kreatif generasi muda kota Malang.

“Kerjasama antara Pekumpulan seni Kabunga Group Dan Sanggar Celaket
Akan menjadi contoh kerjasama antara sanggar kesenian dengan sebuah
perkumpulan .

Bahkan Di saat Pameran dan Pertunjukan di Bulan Desember 2020 secara online dan offline, Sanggar seni kampung bentukan Kabunga group akan menampilkan karyanya dengan melakukan konsultasi dan melalui kuratorial yang dilakukan oleh Dewan Kesenian Malang.

Dengan harapan lebih meningkatkan
pengetahuan dan kemampuan dari para peserta “.pungkasnya yakin.(riz/hms)